• SMA KATOLIK RICCI I
  • Respect Integrity Caring Citizenship Initiative

MATERI LITERASI RICCI 3 : FILM FIKSI

LITERASI RICCI ; MEMBACA DUNIA LEWAT SEKOLAH

MATERI LITERASI 3 

Moderator Sdri Jennifer Tantowi (XII.1)
Notulis Sdri Geral Dinne Jovinta (XII.1)
Doa / Dirigen Sdr Bryan Meyvaldo K (XII.1)
Pembicara I Sdri Madeline Sidharta (XII.1)
Pembicara II Sdr Kenneth Anderssen (XII.1)
Pembicara III Sdr Ryan Nitihandawa (XII.1)
Penanggap I Sdr Richie Lay (XII.1)
Penanggap II Sdr Leonardo Halim (XII. 1)
Penanggap III Sdri Karensa Orlin W. (XII.1)

 

PEMATERI 1 

MADELINE SIDHARTA

 

Jumanji: Welcome to the Jungle

Fiksi merupakan sebuah prosa naratif yang memiliki sifat imajinasi atau karangan non-ilmiah rekaan penulisnya dengan tidak berdasarkan pada kenyataan. Kata fiksi sendiri berasal dari bahasa Inggris yakni fiction yang berarti rekaan atau khayalan. Berikut pengertian cerita fiksi dari beberapa ahli :

  1. Menurut Krismarsanti fiksi merupakan suatu karangan yang berisi kisah atau juga cerita berdasarkan khayalan atau imajinasi pengarang.
  2. Menurut Thani Ahmad fiksi merupakan suatu cerita naratif yang timbul atau muncul dari imajinasi pengarang serta tidak memperdulikan fakta sejarah.
  3. Menurut Henry Guntur Tarigan, fiksi merupakan suatu karya sastra yang berasal dari hasil imajinasi si penulis.

 Jumanji : Welcome to the Jungle merupakan film arahan Jake Kasdan pada tahun 2017 dan  dibintangi oleh 5 aktor/aktris terkenal yaitu :

  1. Dwayne Johnson alias ‘The Rock’, seorang mantan penggulat profesional WWE, dan salah satu aktor populer di Hollywood . Ia berperan dalam film terkenal dunia seperti Fast & Furious, San Andreas (2015), Central Intelligence (2016), Skyscraper (2018), dan Rampage (2018).
  2. Jack Black seorang komedian, aktor, penyanyi, produser, komposer dan penulis lagu, Ia mulai dikenal masyarakat luas setelah membintangi film High Fidelity (2000), King Kong (2015), dan menjadi pengisi suara karakter ‘Po’ film Kung Fu Panda (2008).
  3. Kevin Hart seorang stand-up komedian yang beralih profesi menjadi Beberapa film yang pernah ia bintangi yaitu : Get Hard (2015) suatu film bergenre komedi dan Central Intelligence sebuah film yang popular pada masanya, dimana di film ini, ia bermain peran bersama Dawyne Johnson.
  4. Karen Gilan seorang aktris dan mantan model Skotlandia, ia terkenal sebagai pemeran Nebula dalam film fiksi ilmiah superhero M
  5. Nick Jonas seorang aktor dan penyanyi yang aktif bermusik dalam band Jonas Brother.

 Film ini merupakan seri ketiga dari franchise Jumanji, setelah Zathura: A Space Adventure (2005) dan Jumanji (1995) film pertama dari tiga sekuel ini, yang diadaptasi dari buku anak-anak karangan Chris Van Allsburg berjudul Jumanji dan diterbitkan pada tahun 1981.

 Kisah film ini dimulai dengan gambaran seorang pria yang menemukan papan permainan Jumanji saat joging di pantai, dan kemudian ia memberikan papan permainan itu kepada anaknya, Alex Vreeke (Mason Guccione).  Namun, Alex tidak tertarik memainkan permainan itu dan sibuk bermain video game. Pada malam harinya, secara ajaib papan permainan Jumanji itu berubah menjadi kaset video game, sehingga membuat Alex tertarik untuk memainkan game tersebut, singkat cerita Alex tersedot masuk ke dalam game saat memainkan game itu dan menghilang tanpa jejak.

 Dua puluh tahun kemudian, siswa sekolah menengah Spencer Gilpin (Alex Wolff) dan Anthony "Fridge" Johnson (Ser'Darius Blain) mendapatkan hukuman dari sekolah. Spencer dihukum karena membantu mengerjakan esai milik Fridge. Saat dihukum, mereka bertemu dua siswa lain yaitu Bethany Walker (Madison Iseman) dan Martha Kaply (Morgan Turner). Di sela-sela menjalani sesi hukumannya, Spencer menemukan kaset video game Jumanji, karena rasa penasaran, mereka berempat lantas memainkan game tersebut. Masing-masing dari mereka memilih salah satu dari lima karakter yang ada, semua karakter dapat dipilih, kecuali avatar pilot. Ketika mereka sedang memainkan game tersebut, mendadak mereka semua tersedot masuk ke dalam video game. Latar pun berubah, mereka terdampar di hutan dan tubuh mereka juga berubah menjadi avatar dewasa sesuai pilihan masing-masing saat memainkan kaset video game itu. Spencer berubah menjadi arkeolog yang bernama Dr. Smolder Bravestone (Dwayne Johnson) dan Fridge menjadi ahli zoologi Franklin "Moose" Finbar (Kevin Hart). Sementara itu, Martha menjadi Ruby Roundhouse (Karen Gillan) dan Bethany sebagai kartografer Dr. Shelly Oberon (Jack Black). Mereka sempat panik begitu masuk ke dunia baru. Bahkan, Bethany hampir saja dimakan kuda nil yang mendadak keluar dari sungai. Mereka lalu melarikan diri begitu gerombolan kuda nil menyerbu. Di tengah pelarian, mereka bertemu Nigel (Rhys Darby) yang memberitahu mereka, bahwa mereka sedang berada di Jumanji sebagai respons dari surat yang ditulis Nigel untuk Spencer. Surat itu menjelaskan bahwa Nigel menjadi bagian sebuah ekspedisi yang dipimpin oleh John Van Pelt.  Dalam ekspedisi tersebut, mereka memiliki misi untuk menyelamatkan Kota Jumanji dari kehancuran yang disebabkan oleh Russel Van Pelt. Ia mencuri permata dari patung Jaguar keramat, sehingga Van Pelt mendapatkan kekuatan untuk mengendalikan semua binatang dan para penjahat di Kota Jumanji. Tugas mereka dapat dicapai jika mereka dapat menyelesaikan setiap babak yang ada di dalam game, untuk menemukan Patung Jaguar dan memasangkan kembali permata itu di sana, serta berteriak “jumanji” agar kekuatan Van Pelt sirna dan Kota Jumanji terbebas dari kekuatan jahat.

 Jumanji: Welcome to the Jungle mencoba meracik permainan klasik menjadi lebih kekinian dengan menjadikannya sebagai video game beserta avatar yang bisa dipilih. Saya merasa tanpa menonton film pertamanya, penonton tetap bisa mengikuti jalan cerita film ini.

 Sutradara Jake Kasdan memodernkan Jumanji dengan jajaran cast yang solid. Walau The Rock alias Dawyne Johnson tampil tinggi, gagah dan pemberani, tetapi ia harus memerankan jiwa Spencer yang penakut dan kutu buku. Kevin Hart pun harus memerankan Fridge yang di dunia nyata tinggi dan jagoan, namun di Jumanji membawa-bawa tas ransel dan pendek. Karen Gillan harus memerankan sosok cewek badass Ruby Roundhouse walaupun jiwanya pemalu dan canggung. Terakhir ada Jack Black yang berhasil mencuri perhatian dengan perannya sebagai Bethany dalam karakter Professor Sheldon, pria paruh baya yang gemuk.

 Kecentilan Jack Black sebagai Bethany berhasil mengundang tawa. Perseteruan Kevin Hart dan The Rock juga sangat menghibur. Beberapa adegan berbahaya dilalui The Rock, walau dalam hati Spencer menjerit ketakutan. Tak hanya penuh petualangan tak terduga, beragam rintangan yang mereka hadapi bersama memupuk rasa keakraban para karakter. Nick Jonas dan Bobby Cannavale juga memiliki peran sangat penting dalam film ini, walaupun tidak begitu mendapatkan banyak dialog. Nick Jonas melengkapi cerita dengan visual, aksi dan latar belakang tokoh yang ia perankan, Bobby Cannavale yang tampil bengis dan sangar sebagai pemburu John Van Pelt. Penampilan mereka berdua membuat film ini semakin kompleks dan menarik.

 Menurut saya film Jumanji: Welcome to the Jungle sangatlah menghibur. Alur ceritanya mudah diikuti serta mengundang gelak tawa berkat lelucon segar yang dilontarkan para pemain. Sutradara Jake Kasdan juga piawai menggambarkan konsep video game. Berbagai macam elemen ditampilkan dengan detail, seperti saat nyawa setiap karakter terancam waktu melakukan aksi, deskripsi yang muncul pada setiap karakter, ataupun saat para karakter pendamping hadir di tengah-tengah film. Hal ini membuat penonton merasa bahwa para tokoh benar-benar masuk ke dalam game Jumanji.

 Namun sangat disayangkan, satwa jumanji sedikit sekali dieksplorasi di film ini. Hal ini sangatlah jauh berbeda dengan film jumanji sebelumnya, yang banyak menghadirkan satwa-satwa buas dari Negeri Jumanji, sehingga membuat penonton “berkesan” atas film tersebut. Sebaliknya, unsur humor dan drama lebih terlihat di dalam film ini, barangkali hal ini yang menyebabkan jumlah penonton film ini berkurang drastis. Sungguh disayangkan, hewan-hewan buas dan langka yang seharusnya menjadi kekuatan film ini, malah tidak terlalu ditonjolkan sebagaimana mestinya.

 Terlepas dari kelebihan atau kekurangannya, film Jumanji yang mengambil tema video game ini sangat menarik untuk ditonton bersama – sama, karena jalan cerita film ini cukup mudah dimengerti, dan banyaknya lelucon serta scene-scene lucu, membuat film Jumanji: Welcome to the Jungle menjadi pilihan tepat bagi para penonton yang membutuhkan hiburan, dan tontonan ringan. Film ini juga dapat memuaskan rasa penasaran kita, yang bertanya-tanya bagaimana rasanya jika seseorang di dunia nyata masuk ke dalam dunia game.

 Daftar Pustaka:

https://seword.com/media/review-film-jumanji-welcome-to-the-jungle-SJKXQp0Bz

https://www.kompas.com/hype/read/2020/10/05/081724866/sinopsis-jumanji-welcome-to-the-jungle-petualangan-di-rimba-mainan?page=all.  

https://www.idntimes.com/hype/entertainment/ciams/film-terbaik-dwayne-johnson-the-rock-c1c2/9

https://pendidikan.co.id/pengertian-fiksi-menurut-para-ahli-ciri-jenis-dan-contohnya/

https://tirto.id/sinopsis-jumanji-welcome-to-the-jungle-bioskop-trans-tv-3-desember-f7Gi

https://movieden.net/artikel-7-film-terbaik-jack-black/

https://www.idntimes.com/hype/entertainment/ciams/film-terbaik-dwayne-johnson-the-rock-c1c2/9





Pemateri 2 

Kenneth Andersen

Spongebob Squarepants

Siapa yang tak kenal dengan tokoh kartun ciptaan Stephen Hillenburg ini? Mendengar namanya saja, kita sudah dibuat tersenyum-senyum sendiri membayangkan kekonyolan Spongebob dan temannya Patrick Star. Sejak kemunculannya pertama kali pada tahun 1999 di Amerika Serikat, serial ini langsung digandrungi oleh berbagai kalangan masyarakat. Penggemarnya tidak hanya dari kalangan anak-anak, tetapi juga mencakup kaum remaja dan bahkan orang dewasa sekalipun. Serial yang bernaung di bawah rumah produksi Nickelodeon ini pertama kali masuk ke Indonesia tahun 2002 dan ditayangkan oleh Lativi (kini tvOne). Sejak tahun 2006, Spongebob disiarkan oleh Global TV.

Sebelum kita membedah lebih jauh tentang Spongebob Squarepants, ada baiknya kita mencari tahu terlebih dulu asal mula terciptanya Spongebob Squarepants. Spongebob Squarepants lahir dari kejeniusan seorang animator dan sekaligus ahli biologi laut yang bernama Stephen Hillenburg. Tidak heran, jika setting tempat serial Spongebob mengambil latar di dalam Samudra Pasifik bernama Kota Bikini Bottom. Hillenburg merilis film Spongebob melalui perusahannya yang bernama United Plankton Pictures Inc. Dia menjadi showrunner dari tahun 1999 hingga 2004. Ketika dia tidak lagi menjadi showrunner, ia menunjuk Paul Tibbit yang sebelumnya adalah produser pengawas, penulis, dan sutradara untuk menggantikan perannya. Tibbit memegang posisi showrunner dan menjadi produser eksekutif. Pada tanggal 13 Desember 2014, Hillenburg kembali ke serial Spongebob, namun 4 tahun kemudian ia meninggal karena komplikasi dari penyakit amyotrophic lateral sclerosos (ALS). Meskipun Hillenburg sudah tiada, Spongebob tetap diproduksi sampai hari ini. Film Spongebob sendiri diisi oleh suara sembilan orang aktor utama. Suara Spongebob diisi oleh Tom Kenny yang sebelumnya sudah bekerja sama dengan Hillenburg. Bahkan beberapa bintang terkenal seperti Johnny Depp dan Victoria Beckham pernah mengisi suara di serial Spongebob Squarepants. Film Spongebob diproduksi di Nickelodeon Animation Studio di Burbank, California dan dianimasikan di Raugh Draft Studios di Korea Selatan.

Karakter-karakter dalam film Spongebob Squarepants memiliki filosofi yang mewakili 7 dosa mematikan atau lebih dikenal dengan 7 Deadly Sins. Patrick Star melambangkan kemalasan. Squidward Tentacles mewakili kemarahan dan kebencian. Yujin Krabs melambangkan keserakahan. Sheldon J. Plankton melambangkan sifat iri hati. Sandy Chicks mewakili kesombongan karena terlalu bangga pada dirinya sendiri. Gary the snail melambangkan kerakusan, digambarkan dengan makanan yang berlebihan. Sementara Spongebob sendiri melambangkan nafsu karena sifatnya yang terlalu bersemangat dalam membantu orang, bahkan sampai melupakan banyak hal. Sementara setting Bikini Bottom sendiri terinspirasi dari sebuah tempat yang nyata ada di Samudra Pasifik yang dikenal dengan nama Bikini Atoll. Bikini Atoll adalah kawasan yang digunakan untuk mengetes 23 senjata nuklir Amerika Serikat selama perang dingin.  Jika kita melihat Bikini Bottom, tidak ubahnya seperti kita melihat sebuah kota dalam kehidupan  nyata. Di situ terdapat kawasan perumahan seperti rumah Spongebob, Squidward, dan Patrick yang saling berdekatan dan hanya dipiahkan oleh sebuah jalan. Gambaran ini persis seperti sebuah komplek perumahan dengan masing-masing bloknya. Di Bikini Bottom digambarkan terdapat sebuah restoran cepat saji yang menjual hamburger. Tempat itu tak lain dan tak bukan adalah Krusty Krab milik Tuan Krab, tempat Spongebob dan Squidward bekerja. Ada rumah sakit, tempat sekolah mengemudi milik Mrs. Puff, pantai Goo Lagoon lengkap dengan penjaga pantainya Larry The Lobster, dan wahana permainan Glove World. Ada satu hal yang mungkin agak berbeda dengan dunia nyata adalah di Bikini Bottom terdapat ladang tempat menangkap ubur-ubur yang bernama Jellyfish Fields. Hillenburg cukup berhasil menciptakan suasana kota yang menarik lewat Bikini Bottom. Ditambah lagi langit kebiruan di mana di sana terdapat awan yang berbentuk seperti bunga, membuat Bikini Bottom tampak sebagai sebuah kota sekaligus sebagai sebuah tempat di dalam laut.

Kekuatan lainnya dari film Spongebob adalah karakter-karakter yang diciptakan oleh Hillenburg. Berbagai karakter tersebut dapat tertanam cukup dalam di memori pemirsanya. Penamaan karakter pun cukup unik yang tidak pernah ada sebelumnya dalam film atau cerita apapun. Kalau tidak percaya, cobalah cari pernakah ada ada nama Spongebob sebelum serial ini dibuat?

Berikut akan saya bahas beberapa karakter yang sering muncul di setiap episode film Spongebob Squarepants.

  1. Spongebob Squarepants

Tokoh yang digambarkan sebagai pemuda berbadan kotak berwarna kuning dengan banyak lubang di seluruh tubuhnya layaknya sebuah spon untuk mencuci. Merupakan karakter utama sesuai dengan judul filmnya. Spongebob digambarkan sebagai seorang anak muda yang mempunyai sifat kekanak-kanakan. Spongebob bekerja di sebuah restoran cepat saji bernama Krusty Krab milik Tuan Krab. Spongebob memiliki spatula kesayangan, ia sangat mahir dalam menggunakannya untuk membuat burger. Burger yang dibuat Spongebob digambarkan mempunyai kelezatan luar biasa, di mana orang yang mencobanya akan merasa dibawa ke langit lapis ketujuh.

Krabby Patty, nama burger itu, sangat digandrungi oleh penduduk Bikini Bottom yang membuat pundi-pundi Tuan Krab senantiasa bertambah tebal. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, Spongebob mempunyai sifat yang kekanak-kanakan. Bersama teman baiknya Patrick, ia dapat bertingkah sangat konyol yang kadang dapat membuat orang lain kesal. Meskipun begitu, banyak hal positif yang ditonjolkan dari karakter Spongebob. Ia terkenal suka membantu orang lain dan seorang pekerja keras. Ia akan merasa sangat senang ketika hendak berangkat kerja ke Krusty Krab. Bahkan ia termasuk orang yang menentang hari libur. Spongebob tinggal di sebuah rumah yang berbentuk nanas. Diceritakan rumah nanas tersebut berasal dari nanas yang dijatuhkan orang ketika berada di atas permukaan laut. Di dalam rumah itu ia tinggal bersama hewan peliharaannya yaitu sebuah siput berwarna pink dengan panggilan Gary the Snail. Seekor siput yang penurut dan sayang kepada pemiliknya. Namun demikian ia akan berpaling dari majikannya jika ada orang lain yang memiliki makanan untuknya.

 

  1. PatrickStar

Seekor bintang laut berwarna pink, tidak berhidung, tidak memakai baju, dan hanya menggunakan celana hawaii pendek. Jika diperhatikan secara seksama, bentuk tubuh Patrick memang menyerupai bintang laut. Ia adalah kawan terbaik Spongebob, tentu dengan sifat yang tak kalah konyol dengan Spongebob. Kelakuan mereka berdua kadang membuat orang di sekitarnya kesal. Karena kekonyolan mereka, tak heran banyak orang yang mengira mereka masih anak-anak. Patrick juga merupakan tetangga Spongebob yang mana rumahnya adalah sebuah batu yang berbentuk setengah lingkaran. Tidak ada pintu pada rumah itu, dan ia akan mengangkat rumahnya jika ingin masuk. Sebuah ide gila dan konyol Hillenburg. Patrick juga digambarkan sebagai tokoh yang suka bermalas-malasan, akan memakan apa saja yang ada di depannya terlepas dari apakah itu makanan atau bukan. Terkadang sifat egois Patrick (dan juga Spongebob) akan membuat sepasang sahabat tersebut saling marah walaupun pada akhirnya akan berbaikan lagi.

 

  1. Squidward Tentacles

Tokoh paling menyebalkan dalam film Spongebob Squarepants. Mencari satu saja kebaikan Squidward tak ubahnya seperti mencari unta berkaki 5. Pemarah, malas bekerja, egois, tidak suka bersosialisasi, suka mengeluh, dan sangat mengangumi ketampanan dirinya sendiri adalah beberapa sifat yang dapat digambarkan dari karakter Squidward. Jika Spongebob anti hari libur, maka Squidward adalah sisi lain dari mata uang. Ia akan marah-marah jika diharuskan lembur apalagi bekerja di hari libur. Karakter Squidward digambarkan selalu bertentangan dengan Spongebob, Patrick, Tuan Krab, atau boleh dikatakan ia bertentangan dengan semua karakter yang ada di film Spongebob. Squidward tinggal di sebuah rumah yang terletak di antara rumah Patrick dan Spongebob. Rumahnya digambarkan mirip dengan patung Moai dari Pulau Easter. Ada dua hal yang sering dilakukan Squidward di rumahnya : bermain klarinet dengan nada sumbang, dan tidur. Ia juga sering diganggu oleh suara berisik Spongebob yang sedang bermain.

 

  1. Yujin Krab

Tokoh berbentuk kepiting dengab suara berat dan mempunyai seorang putri berbentuk ikan paus bernama Pearl. Tentu kalian bertanya-tanya kan bagaimana mungkin seekor kepiting dapat beranakkan seekor ikan paus? Untuk tahu jawabannya, kalian harus menanyakan langsung kepada Hillenburg. Tuan Krab digambarkan sebagai karakter yang pelit dan serakah. Jangan harap akan keluar sekeping uang logam dari kantongnya. Di lain sisi, ia sangat menginginkan isi kantong pengunjung Krusty Krab sampai tidak ada sekeping logam pun yang tidak keluar pun dari logam mereka. Sebagai pemilik Krusty Krab, ia sangat pelit dalam menggaji karyawannya. Ditambah lagi ia akan melakukan segala cara supaya Krabby Patty nya banyak terjual. Ia juga tidak ingin penduduk Bikini Bottom makan selain di restorannya dan pindah ke restoran lain milik pesaingnya.

 

  1. Sheldon J. Plankton

Makhluk kecil berwarna hijau bermata satu ini sangat pantas digambarkan sebagai seteru abadi Tuan Krab. Dibantu oleh komputer bersuara wanita yang menjadi penasehatnya (sekaligus istrinya, bernama Karen). Plankton berusaha untuk mencuri resep Krabby Patty milik Tuan Krab. Mereka sebenarnya sahabat sejak kecil, tetapi mulai berseteru ketika mereka memperebutkan sebuah resep rahasia. Perseteruan mereka membuat resep rahasia tersebut sobek dan Tuan Krab mendapatkan bagian resep Krabby Patty, sementara Plankton mendapatkan bagian resep chum. Sebuah makanan berwarna kemerahan yang terlihat menjijikan dan tidak disukai oleh orang-orang. Ditambah lagi restoran milik Plankton yang bernama Chum Bucket terlihat kotor dan tidak menarik minat penduduk Bikini Bottom.

 

  1. Sandy Chicks

Seekor tupai dari Texas, ia merupakan teman Spongebob dan Patrick. Ia merupakan makhluk darat, oleh karena itu ia membutuhkan helm oksigen untuk bernafas. Sementara itu jika ingin masuk ke rumahnya yang berbentuk kubah, air laut akan tersedot sehingga rumahnya bebas air. Sandy mahir dalam sains dan bela diri. Hal tersebut membuatnya menjadi sombong. Meskipun demikian, ia merupakan sahabat yang baik bagi Spongebob dan Patrick.

 

Selain keenam tokoh di atas, masih ada lagi beberapa karakter seperti Mrs. Puff serta Mermaidman dan Barnacleboy. Mrs. Puff digambarkan sebagai wanita paru  baya yang membuka sekolah mengemudi. Di tempat ini lah Spongebob belajar mengemudikan kapal, namun selalu gagal. Hal ini membuat Mrs. Puff sangat stress, sehingga mengakibatkan dirinya mengembang, karena pada dasarnya ia adalah ikan buntel. Masih ada lagi Mermaidman dan Barnacleboy, duo tokoh superhero. Mereka memiliki banyak persenjataan untuk menghadapi musuhnya, Man Ray, tetapi karena mereka sudah tua, mereka tinggal di sebuah panti jompo.

Berbagai keunikan karakter dan cerita yang dikembangkan Hillenburg, tidak heran memasuki usianya yang hampir seperempat abad Spongebob Squarepants tetap digemari oleh banyak pemirsa. Film ini memiliki rating 8,2 dari IMDb, per 2015 Nicklodeon meraup penghasilan sebesar 12 miliar Dolar AS. Angka yang sangat fantastis untuk sebuah film kartun. Mungkin pencapaian ini hanya bisa disaingi oleh The Simpsons yang sudah lebih dulu naik tayang. Tetapi harus diakui penggambaran tokoh-tokoh dalam film Spongebob Squarepants jauh lebih unik dibanding karakter-karakter dalam film The Simpsons yang notabene hanya sebuah penganimasian dari karakter orang yang sesungguhnya. Di Indonesia sendiri, Spongebob Squarepants merupakan film kartun terlama yang ditayangkan setelah Doraemon. Warisan Hillenburg ini telah meninggalkan sebuah rekam jejak dalam sejarah film kartun di dunia.

 

Daftar Pustaka

https://www.google.com/amp/s/amp.tirto.id/mengapa-spongebob-populer-walau-sarat-kontroversi-cAgq

 

 

Pemateri 3 

Ryan Nitihandawa

 

Back To the Future

 

Seri film fiksi Back to the Future (Disingkat BTTF) dimulai ketika seorang mahasiswa bernama Marty McFly yang diperankan oleh Michael J. Fox dan teman dekatnya Dr. Emmett Brown (Christopher Lloyd)  pergi kembali ke masa lalu dengan mesin waktu yang berupa mobil bertenaga plutonium. Film ini diproduksi oleh Bob Gale dan Neil Canton serta disutradari Robert Zemeckis pada tahun 1985. Saya tertarik dengan seri film ini karena film ini menggunakan settingan waktu yang unik.

 Bagian menarik film ini dimulai ketika Dr. Brown mengundang Marty untuk pergi ke Mall Twin Pines pada jam 1 malam. Sesampainya disana, ia bertemu Dr. Brown dan anjingnya, Einstein. Di tempat tersebut Dr. Brown membawa beberapa peralatan labnya dan sebuah mobil yang unik. Lalu ia meminta Marty untuk merekam seatu eksperimen, dimana Doc Brown mengirim Einstein 1 menit ke masa depan menggunakan mobil DeLorean DMC-12 yang sudah dimodifikasi dan bertenaga plutonium. Dr. Brown menggunakan mobil jenis DeLorean dengan alasan body-nya yang terbuat dari serat kaca berlapis besi anti karat.

 Dikarenakan kejadian yang tidak diinginkan, Marty terpaksa melarikan diri dari Mall Twin Pines dengan menggunakan mobil DeLorean. Singkat cerita ia terlempar ke tahun 1955, dimana Marty bertemu dengan kedua orang tuanya yang masih muda. Akan tetapi, Marty tidak sengaja menghalangi pertemuan mereka berdua. Hal inilah yang menyebabkan kekacauan, karena perubahan kejadian di masa lalu, akan berakibat pada masa depan, sehingga jika orang tua Marty tidak bertemu di masa lalu, di masa depan (pada kasus ini, 1985) Marty tidak akan lahir. Oleh karena itu, Marty harus mencoba semua yang ia dapat lakukan agar kedua orang tuanya dapat bertemu kembali. Saya berasumsi bisa terjadi paradox dalam kasus Marty ini. Paradox adalah suatu kejadian atau pernyataan yang berkontradiksi (bertentangan) dengan kejadian itu sendiri. Misalnya jika Marty gagal untuk mempertemukan kedua orang tuanya, artinya ia tidak akan lahir. Akan tetapi, jika ia tidak lahir, lalu siapakah orang yang akan memisahkan kedua orang tuanya di tahun 1955. Kejadian ini mirip dengan teori The Grandfather Paradox (Paradox kakek), dimana seseorang (diberi nama A) pergi kembali ke masa lampau dan membunuh kakeknya sebelum ia menikah, sehingga menyebabkan ayah A tidak akan lahir, dan keberadaan A juga tidak akan ada. Jika A tidak ada untuk membunuh kakeknya, maka kakek A tidak akan terbunuh dan sehingga  ayah A terlahir, yang pada akhirnya menghadirkan A ke dunia, sehingga  A dapat pergi ke masa lampau untuk membunuh sang kakek dan seterusnya.

 Kembali ke film Back To The Future, di tahun 1955 Dr. Brown dan Marty memikirkan cara untuk mengembalikan Marty ke masa depan. Mereka kemudian menggunakan informasi yang Marty dapatkan di tahun 1985 untuk mengaktifkan mesin waktu pada mobil DeLorean, yaitu bahwa sebuah petir akan menghantam menara jam kota, dan daya listrik petir tersebut memiliki kekuatan yang setara kekuatan plutonium, sehingga mobil DeLorean dapat aktif kembali. Setelah Marty kembali ke tahun 1985, sepertinya semua yang ia lakukan di tahun 1955 berdampak pada dirinya di masa kini (1985), misalnya, Dr. Brown yang sebenarnya mati tertembak oleh teroris Libya pada tahun 1985, akhirnya selamat karena saran yang diberikan oleh Marty (dari tahun 1985) di tahun 1955 untuk menggenakan sebuah rompi anti peluru di hari yang akan datang tersebut. Pada bagian akhir seri pertama film tersebut, Dr. Brown mengajak Marty bersama pacarnya, Jennifer Parker yang dimainkan oleh Claudia Wells, untuk pergi ke tahun 2015 untuk membetulkan masalah yang ditimbulkan oleh anaknya yang sebenarnya belum lahir pada tahun 1985.

 Back To The Future 2 adalah sekuel kedua dari seri film ini. Setting film BTTF Part 2 dimulai ketika Dr. Brown bersama Marty dan pacarnya pergi ke tahun 2015, dan disinilah kita dapat melihat bayangan peristiwa pada tahun 2015 dari film yang ditayangkan pada tahun 1989. Dari beberapa adegan pertama, mereka membayangkan bahwa pada tahun 2015, kita akan memiliki mobil bertenaga limbah yang dapat melayang serta jalur mobil yang berada di langit. Namun kenyataannya, sampai sekarang mobil-mobil dijalan masih menggunakan roda seperti biasanya. Disana, Marty juga menerbangkan Hoverboard (papan melayang) yang mereka bayangkan sudah ada pada saat ini. Hoverboard yang kita miliki sekarang sayangnya juga menggunakan roda. Selain itu, juga terlihat suatu hologram hiu kartun yang mempromosikan tayangnya film Jaws 19, mirip dengan billboard di Cina dan Korea Selatan yang menampilkan sebuah animasi 3 dimensi yang dilihat dari lokasi tertentu.

 Film Back To The Future 2 tidak berhenti pada settingan di masa depan saja, melainkan juga kembali menggunakan setting di masa silam. Hal ini dimulai ketika antagonis dari seri pertama, Biff Tannen yang diperankan oleh Thomas F. Wilson, menyelinap masuk ke mobil DeLorean milik Dr. Brown dan kabur ke tahun 1955, untuk memberikan kepada dirinya yang masih muda sebuah almanak olahraga. Almanak tersebut berisi semua hasil kejuaraan olahraga dalam 1 abad terakhir, dan tentu saja sebagian besar hasil pertandingan di dalam buku tersebut belum terjadi pada tahun 1955. Biff dapat menggunakan buku tersebut untuk bertaruh dan mendapatkan banyak uang. Kembali ke Marty dan Dr. Brown, setelah urusan mereka selesai di tahun 2015, mereka segera kembali ke tahun 1985, akan tetapi keadaan tampaknya berbeda. Jalanan menjadi lebih lenggang dan gedung peradilan berubah menjadi sebuah kasino milik Biff Tannen. Dari sini mereka mendapat kesimpulan bahwa mereka berada di sebuah garis waktu yang berbeda, seperti sebuah alternate universe atau dimensi parallel yang mereka namakan sebagai 1985A. Semua ini terjadi karena kejadian yang berbeda terjadi di masa lampau. Timbul pertanyaan di benak saya, setelah menonton film ini : adakah sebuah dunia parallel, dimana kejadian-kejadian yang terjadi di dunia ini memiliki akibat yang berbeda – beda? Menurut Ethan Siegel, seorang ahli astrologi, ada dua kemungkinan dunia parallel terjadi, yaitu interpretasi banyak dunia parallel yang semuanya memiliki satu hasil dan jumlahnya tak terhingga dan yang kedua adalah dunia parallel yang tertutup setelah Big Bang terjadi dan memulai dunia kita sekarang. Kembali ke film, Marty dan Dr. Brown kemudian pergi kembali ke tahun 1985 dan menemukan Biff  Tannen dari 2015 memberikan almanak olahraga tersebut kepada dirinya yang masih muda. Marty kemudian harus mencuri kembali almanak tersebut tanpa sepengetahuan Biff dari 2015. Marty dan Dr. Brown kemudian mengejar Biff untuk mendapatkan almanak tersebut, sampai mereka mendapatkannya. Setelah beberapa lama, mereka mendapatkan almanaknya dan memutuskan untuk dibakar. Setelah alamanak tersebut terbakar, Marty mengambil koran yang ia dapat dari 1985A dan semua tulisannya berubah, dimana ayah Marty tertulis ‘terbunuh’ berubah menjadi ‘terhormati’. Dr. Brown kemudian ingin menjemput Marty, akan tetapi sebuah petir menyambar mobil DeLorean dan mengirim Dr. Brown ke tahun 1885. Tidak lama kemudian ada seorang pengantar surat yang memberi Marty sebuah surat dari 1885. Marty kemudian meminta bantuan  Dr. Brown (dari 1955) yang baru saja mengirim Marty kembali ke 1985 di BTTF part 1.

 BTTF part 3 dimulai ketika Marty dan Dr. Brown (dari 1955) mencari bukti bahwa Dr. Brown (dari 1985) terdampar ke 1885. Dari surat yang Marty dapat, Doc Brown menyembunyikan mobil DeLorean tersebut pada sebuah tambang. Mereka berhasil menemukan mobil tersebut beserta instruksi untuk membuat kembali komponen-komponen mesin waktu menggunakan barang-barang yang dapat mereka temukan di tahun 1955. Selain itu, mereka juga menemukan batu nisan yang bertuliskan kematian Dr. Emmett Brown 6 hari setelah ia menulis surat tersebut. Setelah Dr. Brown berhasil memperbaiki mobil DeLorean tersebut, Marty pergi ke tahun 1885 untuk membantu Dr. Brown kembali ke tahun 1985. Disana Marty menemukan nenek moyang-nya serta nenek moyang dari keluarga Tannen. Dr. Brown kemudian membuat rencana untuk menggunakan kereta sebagai pendorong mobil mesin waktu, karena bensin belum tersedia pada tahun 1885. Marty kemudian dapat melumpuhkan Buford Tannen, yang merupakan calon pembunuh Dr. Brown, sehingga nyawa Dr. Brown terselamatkan. Akan tetapi Dr. Brown memutuskan untuk tidak mengikuti Marty ke tahun 1985, melainkan menetap di tahun 1885 karena ada seseorang yang menunggunya. Sesampainya di tahun 1985, Marty segera menghancurkan mobil DeLorean tersebut dan menemukan Jennifer yang ia tinggal di teras pada 1985A. Mereka pergi kembali ke reruntuhan DeLorean tersebut, lalu datanglah Dr. Brown dengan kereta mesin waktu, memberi kenang – kenangan sebuah foto mereka berdua dari tahun 1885, yang diambil sebelum sebelum Marty pergi kembali ke masa depan. Dari film ini, kita dapat menyimpulkan bahwa perjalanan waktu adalah hal yang berbahaya, karena  karena dapat mengubah masa kini ataupun masa depan 180 derajr dari yang seharusnya terjadi.

 Daftar Pusaka


h
ttps://www.imdb.com/title/tt0088763/plotsummary
https://www.rottentomatoes.com/m/back_to_the_future
https://www.imdb.com/title/tt0088763/fullcredits?ref_=tt_ov_st_sm#cast
https://indianexpress.com/article/trending/trending-globally/china-south-korea-ultrarealistic-3d-displays-viral-video-7140752/
https://www.imdb.com/title/tt0096874/plotsummary
http://abyss.uoregon.edu/~js/glossary/grandfather_paradox.html
https://www.forbes.com/sites/startswithabang/2020/05/22/ask-ethan-have-we-finally-found-evidence-for-a-parallel-universe/?sh=7016d9942fcf
https://www.imdb.com/title/tt0099088/plotsummary













#dipublikasikan Tim Publikasi dan Dokumentasi SMA Katolik Ricci 1 Jakarta

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Belajar Khotbah dan Bercerita tentang Benda/Hewan Kesukaan dalam Ekstrakurikuler Literasi

Sidang AkademiMateri Kelas X dan XI : Menceritakan Benda/Hewan Kesukaan Materi kelas XII          : Khotbah   Petugas Kelas X Moderator Sdri. Jomettaver

24/11/2021 15:35 - Oleh Administrator - Dilihat 192 kali
Investasi atau Pemborosan Ketika Membeli barang Limited Edition ? Mari kita Diskusikan

EKSTRAKURIKULER LITERASI : MEMBACA DUNIA LEWAT SEKOLAH   Tema :  Membeli Barang Edisi Terbatas : Suatu Investasi atau Pemborosan?   Petugas Kelas X Moderator Sdra.&nbs

17/11/2021 14:12 - Oleh Administrator - Dilihat 229 kali
BELAJAR PROMOSI DAN BEDAH BUKU DALAM EKSTRAKURIKULER LITERASI RICCI

BELAJAR PROMOSI DAN BEDAH BUKU DALAM EKTRAKURIKULER LITERASI RICCI Sidang Akademi   Materi :  Kelas X : Promosi Barang/Jasa Kelas XI : Promosi Barang Dan Jasa Kelas XII : Beda

10/11/2021 16:58 - Oleh Administrator - Dilihat 229 kali
BERDEBAT TENTANG TELEVISI : MASIKAH TEMAN KELUARGA INI BERTAHAN DI ZAMAN POST-MILENIAL ?

EKSTRAKURIKULER LITERASI MEMBACA DUNIA LEWAT SEKOLAH     PETUGAS KELAS X Moderator  Sdri. Shareen Alika (X.3) Notulis Sdri. Martha Marcella (X.3) Doa / Dirigen Sdr

03/11/2021 17:36 - Oleh Administrator - Dilihat 321 kali
BERBAGI INSPIRASI TOKOH IDOLA DAN PROMOSI DALAM SIDANG AKADEMI

EKSTRAKURIKULER LITERASI RICCI BERBAGI INSPIRASI TOKOH IDOLA DALAM SIDANG AKADEMIK   Petugas kelas X (Tema : Tokoh Idola) Moderator Sdri. Audrey Firshe ( X.3) Notulis Sdri . S

27/10/2021 12:59 - Oleh Administrator - Dilihat 240 kali
Adu Argumentasi Dalam Debat, Penggunaan Pakaian Bekas (Trifting) : Suatu Gaya Hidup Hemat, Benarkah ?

Penggunaan Pakaian Bekas (Trifting) : Suatu Gaya Hidup Hemat, Benarkah ? Debat LiterasiPetugas Kelas X Moderator Sdra. Khemawira Tjahya ( X.1) Notulis Sdra. Jonathan Valentino (X.1

20/10/2021 10:26 - Oleh Administrator - Dilihat 318 kali
BERCERITA KEGEMARAN DAN TOKOH IDOLA DALAM LITERASI

MATERI LITERASI 10 : HOBBY/KEGEMARAN (X,XI) DAN TOKOH IDOLA (XII)   SIDANG AKADEMI   Petugas : Kelas X  Materi : Hoby atau Kegemaran Moderator  Sdri. Chitra

13/10/2021 11:40 - Oleh Administrator - Dilihat 342 kali
BERCERITA TOKOH IDOLA DALAM SIDANG AKADEMI

MATERI LITERASI 9 : TOKOH IDOLA SIDANG AKADEMI   PETUGAS Moderator Sdr Theo Xavier A. W. (XI.1) Notulis Sdri. Celine Woen (XI.1) Doa / Dirigen Sdr. Thomas Alfiantino (XI.1)

29/09/2021 12:34 - Oleh Administrator - Dilihat 303 kali
Materi Literasi 8 : E-COMMERCE : E - Commerce suatu solusi dalam sistem perdagangan ataukah menghasilkan sistem pasar yang monopolistik.

LITERASI RICCI : MEMBACA DUNIA LEWAT SEKOLAH     PETUGAS :    Moderator Sdri Gracella Kurniawan (XII.3) Notulis Sdr. Elvina Budisartono (XII.3) Doa / Dirigen

21/09/2021 11:39 - Oleh Administrator - Dilihat 307 kali
MATERI LITERASI 7 : FILM DOKUMENTER

MATERI LITERASI 7 : Film Dokumenter  LITERASI RICCI ; MEMBACA DUNIA LEWAT SEKOLAH MATERI LITERASI 7   PETUGAS :  Moderator Sdri Elvira Budisartono (XII.3) Notulis Sd

14/09/2021 08:38 - Oleh Administrator - Dilihat 219 kali