• SMA KATOLIK RICCI I
  • Respect Integrity Caring Citizenship Initiative

MATERI LITERASI RICCI 6 : Operasi Plastik dan Standar Kecantikan : Perlukah?

MATERI LITERASI RICCI 6 : Operasi Plastik dan Standar Kecantikan : Perlukah?

LITERASI RICCI : MEMBACA DUNIA LEWAT SEKOLAH

PERTEMUAN 6 : DEBAT LITERASI 

PETUGAS : 

Moderator Sdri Sunny Pitono (XII.2)
Notulis Sdri Valencia Himawan (XII.2)
Doa / Dirigen Sdr. Kent Lionellius (XII.2)
Team Panelis Pro Sdr. Gracello Halim, Sdri Fabiola Faustina, Sdri. Jessica T (XI.1)
Team Panelis Kontra Sdr Be Justin Regan, Sdri Liora L., Sdr Ferdy J. A. (XII.1)

 

 

1. Tanggapan Panelis Pro

OPERASI PLASTIK DAN STANDAR KECANTIKAN : APAKAH PERLU ?

 OLEH 

Fabiola Faustina C, Gracello Halim, Jessica Tivanka

 

Kecantikan adalah hal yang didambakan perempuan dari berbagai kelompok masyarakat. Definisi kecantikan biasanya erat tertuju pada paras wajah atau bentuk tubuh seseorang. Lantas apakah definisi standar kecantikan? Menurut KBBI, standar adalah ukuran tertentu yang dipakai sebagai patokan, sedangkan kecantikan adalah keelokan (tentang wajah, muka); kemolekan, sehingga bisa disimpulkan, bahwa standar kecantikan adalah patokan yang dijadikan untuk mengukur keelokan seseorang. Kecantikan telah begitu lekat dengan penampilan fisik, namun, apabila kita melihat kecantikan melalui spektrum yang lebih luas, maka kecantikan dapat diartikan sebagai sesuatu yang kita sukai, menarik, mempesona atau menginspirasi sehingga mampu membuat kita menjadi gembira.

 

Gambaran kecantikan masa kini dapat menciptakan kecemasan bagi sebagian wanita,  khususnya kekhawatiran tidak dicintai oleh seeorang. Sebagian dari mereka berusaha membenahi tubuh mereka yang kurang ideal agar menjadi sempurna dengan berbagai usaha, seperti menggunakan produk skincare, produk pelangsing atau peninggi badan, perawatan wajah di klinik kecantikan, bahkan sampai melakukan operasi plastik untuk mendapatkan tubuh dan wajah ideal.

 Operasi plastik, dewasa ini, masih memiliki stigma yang kurang baik bagi sebagian masyarakat Indonesia, beberapa kalangan masyarakat masih menganggap operasi plastik merupakan hal yang tabu untuk dibicarakan dan dilakukan. Tidak banyak masyarakat kita yang berani mengakui bahwa dirinya pernah melakukan operasi plastik. Sebagian masyarakat berpandangan bahwa operasi plastik semata berkaitan dengan mempercantik diri (kebutuhan estetik), sedangkan pada kenyataannya operasi plastik mencakup aspek – aspek lain yang lebih luas. Sebagian orang melakukan operasi plastik untuk memperbaiki jaringan tubuh atau kulit yang rusak atau cacat akibat kondisi tertentu, misalkan : akibat luka bakar, kecelakaan, tumor, dan penyakit bawaan sejak lahir.

 Operasi plastik merupakan cabang ilmu kedokteran yang bertujuan untuk merekonstruksi atau memperbaiki bagian tubuh manusia melalui operasi kedokteran. Operasi plastik, berasal dari bahasa Yunani, yaitu “plastikos” yang berarti “membentuk” atau “memberi bentuk”. Selain itu, operasi plastik juga dapat diartikan sebagai tindakan pengoperasian yang didasarkan ilmu kedokteran khususnya mengenai luka dan penyembuhan alami. Penyembuhan luka dapat berlangsung selama 12 bulan, dan akan meninggalkan bekas luka, disinilah peran operasi plastik, yakni menyembunyikan atau menyamarkan bekas luka sayatan. Selain itu, operasi plastik dapat dilakukan untuk tujuan rekonstruksi misalnya pada kasus tertentu, ada seseorang yang mengalami luka bakar atau terkena air keras, sehingga menyebabkan beberapa bagian tubuh orang tersebut menjadi rusak. Operasi jenis ini disebut operasi tanpa ada unsur kesengajaan.

 Zaman semakin berkembang, tidak terkecuali dalam teknologi kedokteran, terutama bedah plastik. Berikut alasan-alasan orang melakukan bedah plastik.

  1. Perbaikan penampilan

Terkadang beberapa orang lahir dengan kondisi cacat bawaan tertentu sementara beberapa orang mungkin mengalami kondisi cacat setelah kecelakaan, trauma, ataupun masalah medis lainnya. Operasi plastik dapat mengatasi masalah ini dengan tujuan rekonstruksi. Salah satu contoh cacat bawaan adalah bibir sumbing. Jika tidak ditangani, maka akan muncul dampak-dampak seperti suara sangau (karena lelangit mulut anak tidak sempurna sehingga tidak dapat mengucapkan kata dengan baik), masalah minum atau makan seperti susu yang keluar dari hidung saat bayi menyusui, masalah infeksi telinga, dan masalah pertumbuhan gigi dan tulang rahang atas.

 Selain cacat bawaan lahir, banyak kecelakaan yang mengharuskan seseorang melakukan operasi plastik. Seperti yang dialami Isabelle Dinoire. Ia merekonstruksi wajahnya karena diserang oleh anjing. Melalui transplantasi wajah, kualitas hidup Isabelle pun meningkat. Transplantasi wajah pada pasien yang mengalami kerusakan wajah sendiri dapat meningkatkan kemampuan mengunyah, berbicara, bernapas dan ekspresi wajah seperti tersenyum dan cemberut.

 2.    Menunjang karier

Operasi plastik dapat menunjang karier seseorang yang mengharuskan penampilannya menjadi sorotan utama. Salah satu manfaat dari operasi plastik sangat dirasakan oleh kaum selebritis dalam menjalankan karirnya. Salah satu artis dari Indonesia yaitu Melly Goeslaw. Pelantun lagu “Bunda” tersebut melakukan operasi plastik agar dirinya terlihat lebih menarik.

 Pekerjaan lain yang mengedepankan penampilan adalah pramugari. Perusahaan maskapai penerbangan akan lebih mengedepankan citra perusahaan yang kemudian direpresentasikan oleh tampilan pramugari. Oleh karena itu, peluang pramugari yang memiliki luka permanen diterima sangat kecil. Jika sudah demikian, pelamar sangat disarankan untuk segera memilih perawatan kulit terbaik untuk menghilangkan luka tersebut. Pihak perusahaan tentu lebih menyukai calon pramugari yang memiliki kulit yang bersih dan bebas dari luka.

Tidak hanya untuk kaum selebritis ataupun pramugari, perempuan karier pun melakukan operasi plastik. Bukan karena ingin tampil cantik, melainkan untuk menjaga penampilan agar tetap kompetitif dalam bekerja. Operasi plastik bisa menjadi salah satu cara agar terlihat segar.

 3.    Mengatasi masalah kesehatan

Operasi plastik juga dapat sangat bermanfaat bagi mereka yang mengalami masalah kesehatan yang dapat mengganggu penampilan mereka. Misalnya seseorang dengan payudara yang terlalu besar sering mengalami nyeri punggung yang luar biasa, mati rasa, kesemutan di tangan, hingga mengalami kesulitan tidur. Karena masalah ini, dilakukanlah operasi plastik pengurangan payudara yang dapat mengatasi masalah kesehatan dan penampilannya.

 4.    Mendapat rasa percaya diri dan kebahagiaan

Jurgen Margraf  seorang psikolog telah melakukan penelitian kepada 506 orang. Ia membuktikan bahwa operasi plastik berdampak positif bagi manusia. Mereka yang telah melakukan operasi plastik merasa  lebih baik dengan kehidupannya, merejka juga memiliki rasa percaya diri, merasa lebih menarik dan memiliki kesehatan mental yang meningkat dibandingkan sebelumnya. Karena mereka menjadi bahagia dengan perubahan bentuk tubuh mereka, maka efek negatif diri seperti depresi yang berujung pada bunuh diri dapat diminimalisir. Operasi plastik dapat memberikan citra diri yang kuat dan positif. Bahkan dengan sedikit perubahan penampilan luar saja, bisa menciptakan perubahan besar dari dalam diri, yaitu membiarkan rasa percaya diri seseorang bertumbuh.

 Di Indonesia, operasi plastik juga dilindungi oleh negara. UU No 36/2009 mengatur bedah plastik dan rekonstruksi. Bedah plastik dan rekonstruksi adalah salah satu cara penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan. Sebagaimana tercantum dalam Pasal 64 UU 36/2009 :

 “Penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan dapat dilakukan melalui transplantasi organ dan/atau jaringan tubuh, implan obat dan/atau alat kesehatan, bedah plastik dan rekonstruksi, serta penggunaan sel punca.”

 Hal yang serupa juga didefinisikan dalam Oxford Learner’s Dictionaries, bedah plastik atau plastic surgery adalah : “medical operations to repair injury to a person’s skin, or to improve a person’s appearance.” Sehingga berdasarkan definisi tersebut, bedah plastik merupakan salah satu metode pemulihan kesehatan.

 Sebagai penutup, kami sangat mendukung adanya operasi plastik, karena pada dasarnya bedah plastik dan rekonstruksi bagian tubuh seseorang memang diperbolehkan untuk menyembuhkan penyakit, pemulihan kesehatan bahkan untuk tujuan kecantikan sekalipun. Kami meyakini bahwa melakukan atau tidak melakukan operasi plastik adalah hak seseorang. Dan setiap orang berhak menjadi bahagia.

 

DAFTAR PUSTAKA

https://hellosehat.com/sehat/operasi/alasan-operasi-plastik/

https://radarsolo.jawapos.com/entertainment/lifestyle/23/07/2021/ini-cara-menentang-standar-kecantikan-yang-tak-masuk-akal/#:~:text=Menurut%20 KBBI%2C%20 standar%20adalah%20 ukuran,dijadikan%20untuk%20mengukur%20 keelokan%20seseorang.

https://pijarpsikologi.org/perempuan-beauty-standard-dan-diet/

https://www.hukumonline.com/klinik/detail/ulasan/lt5d104115f3648/aturan-hukum-mengenai-bedah-plastik/

https://www.alodokter.com/peran-dokter-bedah-plastik-dan-kondisi-yang-ditangani

https://sekolahpenerbangan.com/ada-bekas-luka-apakah-bisa-menjadi-pramugari/

https://kumparan.com/kumparanstyle/menelaah-fenomena-operasi-plastik-di-kalangan-perempuan-indonesia-1538650628009127503

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://today.mims.com/transplantasi-wajah-untuk-meningkatkan-kualitas-hidup-pasien&ved=2ahUKEwjTo4PwmuLyAhX3_XMBHXAaAjgQFnoECBcQAQ&usg=AOvVaw2-ngFCnIp-dLE39anQYBar

https://www.fimela.com/beauty/read/3718523/operasi-plastik-membuat-wanita-lebih-bahagia

 

2. Tanggapan Panelis Kontra

Operasi Plastik dan Standar Kecantikan: Perlukah?

oleh : 

Be Justin Regan, Ferdy Jonathan, Liora Latecia 

 

 

Pendahuluan

Orang biasanya menilai kecantikan dari penampilan luar atau fisik, biasa disebut outer beauty. Kecantikan yang dimiliki manusia (terutama perempuan) adalah anugerah Tuhan. Kecantikan tidak bisa distandarkan, bahkan pada ajang-ajang kecantikan dan sebagai. Selain cantik hal yang dipertimbangkan antara lain inteligensi, moral, kepribadian, dan semua yang bersifat dari dalam. Lalu apa arti sebuah kecantikan ?

 Apa itu Kecantikan?

Kecantikan berasal dari kata cantik yang berarti bagus, elok, molek, indah, atau enak sedap dipandang (menurut KBBI). Sedangkan kecantikan itu sendiri adalah keindahan, kemolekan, keelokkan baik tentang wajah atau bentuk tubuh (menurut KBBI). Beragam persepsi akan muncul terkait dengan makna kecantikan, secara garis besar dapat diklasifikasikan dalam tiga macam:

  1. Kecantikan hanya bersifat fisik saja (outer beauty), misalnya : wajah yang ayu, tubuh yang langsing, dan kulit putih,
  2. Hakikat kecantikan ada dalam diri bukan pada fisik (inner beauty), misalnya : kepribadian, intelektualitas, dan kecakapan emosional.
  3. Kecantikan bersifat fisik dan nonfisik (memiliki inner beauty dan outer beauty)

Setiap perempuan memiliki karakter kecantikan masing-masing. Mulai dari bentuk tubuh, warna rambut, bentuk wajah, hingga warna kulit. Hal ini

dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk ras seseorang. Berdasarkan ciri biologis, ras dikelompokkan menjadi tiga, ras mongoloid, ras kaukasoid, dan ras negroid. Ras mongoloid memiliki ciri berkulit kuning, rambut lurus berwarna hitam, mata sipit, dan tulang pipi agak menonjol. Ras kaukasoid atau caucasian memiliki ciri hidung mancung, badan tinggi besar, rambut bergelombang warna hitam dan pirang, serta kulit coklat sampai putih. Ras negroid memiliki ciri kulit warna hitam,rambut keriting. Orang yang memiliki ras tertentu kadang tidak puas dengan dirinya, pada akhirnya orang memilih untuk melakukan operasi plastik. Mereka meniru apa yang dianggapnya lebih cantik, seperti hidung mancung orang Eropa, dan lain sebagainya.

 Obsesi Operasi Plastik

Operasi plastik merupakan tindakan ingin meniru apa yang dianggap lebih cantik. Hal demikian tentu memiliki resiko tertentu. Menurut dr Gwendy Aniko, SpBP-RE (spesialis bedah plastik dan rekonstruksi), kendati boleh dilakukan berkali-kali, namun memiliki resiko tertentu. Terkadang pasien hanya ingin terlihat lebih cantik, padahal sebenarnya sudah tidak ada lagi yang harus diperbaiki.

Seseorang melakukan operasi plastik ada yang disebabkan oleh body dysmorphic disorder, yakni kondisi psikologis ketika seseorang merasa dirinya sangat buruk, padahal aslinya tidak demikian. Orang dengan gangguan body dysmorphic disorder sebaiknya tidak melakukan bedah plastik estetik, karena akan menimbulkan tindakan yang berlebihan dan insecurity. Hal itu kemudian menyebabkan kecanduan/obsesi operasi plastik.

Berikut beberapa efek samping operasi plastik serta komplikasi lainnya yang mungkin terjadi, seperti hasil yang tidak sesuai, bekas luka, kerusakan saraf atau mati rasa, infeksi dan alergi, Hematoma (penyakit kumpulan darah di luar pembuluh darah. Kondisi ini dapat terjadi setelah operasi, membuat area yang dioperasi bengkak dan memar dengan kemunculan kantong darah di bawah kulit), perdarahan dan bahkan kematian. Bahkan Dr Anthony Youn MD (seorang ahli operasi plastik) menyatakan

The goal of being a plastic surgeon should not be trying to get somebody into the operating room—which is what we've always been taught—but it should be the opposite of that. How do we keep [patients] out of the operating room and use surgery as a last resort?

-Anthony Youn

Kutipan tersebut berarti seharusnya tujuan utama seorang ahli bedah plastik bukan untuk membuat seseorang menjalani operasi plastik, dimana para ahli beda

plastik selalu diajarkan, tetapi justru sebaliknya. Bagaimana kita dapat membuat pasien menjadikan operasi plastik sebagai pilihan terakhir.

 Contoh kasus

Banyak pasien yang berhasil melakukan operasi plastik,namun ada pasien yang mengalami kegagalan dalam operasi plastik. Salah satu contoh yang paling terkenal yakni Michael Jackson. Menurut Dr. Lipkin Michael Jackson ingin bentuk hidung, bibir, dan wajah terlihat seperti orang caucasian. Ia terobsesi dengan operasi plastik, namun sebanyak apapun prosedur yang telah dilakukannya, ia tidak akan pernah puas. Dr. Lipkin mengatakan dalam kasus ini, bahwa Michael Jackson memiliki obsesi terhadap hidungnya, dan obsesi tersebut membuat hidung Michael Jackson justru menjadi rusak dan tidak dapat kembali seperti semula. Pada akhirnya, ia menyesal telah melakukan operasi tersebut, namun semua itu telah terlambat dan ia tidak dapat mengembalikan wajahnya seperti semula.

Kasus tersebut tidak berarti bahwa operasi plastik tidak boleh dilakukan. Operasi plastik harus dilakukan dengan bijak. Hal tersebut harus dipertimbangkan dengan matang agar benar-benar bisa diambil manfaatnya seperti untuk rekonstruksi, mengatasi masalah kesehatan, dan menunjang penampilan jika sangat mendesak.

 Kecantikan Tidak Bisa Distandarkan & Pentingnya Inner Beauty

Setiap manusia itu pada dasarnya unik. Kecantikan tidak dapat distandarkan jika hanya dilihat dari fisik dan penampilan seseorang. Setiap orang memiliki kecantikan yang berbeda-beda. Kalau ada standar kecantikan, banyak orang (terutama wanita) akan berusaha menjadi cantik seperti yang telah distandarkan dengan berbagai cara. Salah satu cara yaitu dengan melakukan operasi plastik atau cosmetic surgery. Padahal melakukan hal tersebut seharusnya memerlukan pemikiran dan pertimbangan yang matang, karena selain biaya yang besar, diperlukan persiapan mental, fisik dan medis. Mereka juga perlu melakukan post operation care/perawatan setelah operasi, dan adapun efek samping yang dapat ditimbulkan oleh prosedur operasi plastik. Belum lagi hasil operasi yang tidak memuaskan sehingga mereka ingin melakukan operasi lagi dan lagi, tanpa memikirkan keselamatan dan kesehatan diri sendiri.

Kata cantik bukan hanya cantik secara fisik atau outer beauty, namun cantik juga dilihat dari dalam disebut dengan Inner beauty. Inner beauty diartikan sebagai kecantikan yang berasal dari faktor psikologis, meliputi kepribadian, kebijaksanaan, kecerdasan, kesopanan, kesabaran, kharisma, integritas, simpati, empati, dan kasih sayang.

“Cantik sih, tapi sombong.” “Cantik sih, tapi kasar.” “Cantik sih, tapi bodoh.”

“Cantik sih, tapi suka ngomong sembarangan.” “Cantik sih, tapi seenaknya.” (sumber: meramuda.com)

Para filsuf seperti Plato berpendapat bahwa inner beauty mendefinisikan orang cantik karena moralnya yang baik. Filsuf seperti Reid atau Gaut mengatakan bahwa inner beauty tidak hanya tentang kebaikan moral tapi juga terkait erat dengan kecerdasan, selera humor, dan optimisme yang dimiliki seseorang. Inner beauty juga bersifat long-lasting dibandingkan outer beauty, banyak pernyataan dari ahli dan tokoh masyarakat bahkan filsuf yang menyatakan ini, antara lain seperti Kahlil Gibran yang mengatakan bahwa kecantikan bukan berada pada raut wajah, dia terpancar bagai serunai sinar dari dalam hati.

Cara memancarkan inner beauty ada banyak antara lain dengan mengasah rasa untuk lebih peduli, lebih peka, lebih penuh kasih baik pada diri sendiri maupun sesama, mengembangkan potensi dan bakat yang dimiliki, dan belajar untuk selalu bersyukur atas apa yang telah kita miliki dan dianugerahkan oleh Tuhan. Jadi menurut kami, apa yang dianugerahkan Tuhan kepada manusia adalah suatu berkat,  masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Menurut kami kecantikan tidak perlu distandarkan, begitu pula dengan operasi plastik. Kalau memang tidak ada kepentingan yang sangat penting, maka tidak perlu melakukan operasi plastik. Kita harus bersyukur atas apa yang ada pada diri kita, karena cantik itu relatif. Semoga penaparan ini bisa memberikan sedikit gambaran tentang pentingnya Inner Beauty, sekian dan terima kasih.

 

Daftar Pustaka

http://e-journal.uajy.ac.id/2055/3/2TA12490.pdf

https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/2426/5/BAB_III.pdf

http://eprints.uny.ac.id/18841/4/d%20BAB%20II.pdf

https://ketik.unpad.ac.id/posts/372/bagaimana-beradaptasi-dengan-standar-kecantikan-di- indonesia









#dipublikasikan tim Dokumentasi dan Publikasi SMA Katolik Ricci 1 Jakarta

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
BERCERITA KEGEMARAN DAN TOKOH IDOLA DALAM LITERASI

MATERI LITERASI 10 : HOBBY/KEGEMARAN (X,XI) DAN TOKOH IDOLA (XII)   SIDANG AKADEMI   Petugas : Kelas X  Materi : Hoby atau Kegemaran Moderator  Sdri. Chitra

13/10/2021 11:40 - Oleh Administrator - Dilihat 221 kali
BERCERITA TOKOH IDOLA DALAM SIDANG AKADEMI

MATERI LITERASI 9 : TOKOH IDOLA SIDANG AKADEMI   PETUGAS Moderator Sdr Theo Xavier A. W. (XI.1) Notulis Sdri. Celine Woen (XI.1) Doa / Dirigen Sdr. Thomas Alfiantino (XI.1)

29/09/2021 12:34 - Oleh Administrator - Dilihat 187 kali
Materi Literasi 8 : E-COMMERCE : E - Commerce suatu solusi dalam sistem perdagangan ataukah menghasilkan sistem pasar yang monopolistik.

LITERASI RICCI : MEMBACA DUNIA LEWAT SEKOLAH     PETUGAS :    Moderator Sdri Gracella Kurniawan (XII.3) Notulis Sdr. Elvina Budisartono (XII.3) Doa / Dirigen

21/09/2021 11:39 - Oleh Administrator - Dilihat 161 kali
MATERI LITERASI 7 : FILM DOKUMENTER

MATERI LITERASI 7 : Film Dokumenter  LITERASI RICCI ; MEMBACA DUNIA LEWAT SEKOLAH MATERI LITERASI 7   PETUGAS :  Moderator Sdri Elvira Budisartono (XII.3) Notulis Sd

14/09/2021 08:38 - Oleh Administrator - Dilihat 155 kali
MATERI LITERASI 5 : BUKU/KOMIK/MAJALAH

MATERI LITERASI RICCI 5 : BUKU/KOMIK/MAJALAH   LITERASI RICCI ; MEMBACA DUNIA LEWAT SEKOLAH MATERI LITERASI 5 Moderator Sdr Phillips Steven Mursalim (XII.2) Notulis Sdri

31/08/2021 08:53 - Oleh Administrator - Dilihat 159 kali
MATERI LITERASI RICCI 4 : GENERASI INDONESIA 2045 : GENERASI EMAS ATAU CEMAS ?

LITERASI RICCI : MEMBACA DUNIA LEWAT SEKOLAH PERTEMUAN 4 : DEBAT LITERASI  PETUGAS :  Moderator Sdr Albert Yulius Ramahalim (XII.1) Notulis Sdri. Graciella Natahnia W. (X

25/08/2021 19:33 - Oleh Administrator - Dilihat 309 kali
MATERI LITERASI RICCI 3 : FILM FIKSI

LITERASI RICCI ; MEMBACA DUNIA LEWAT SEKOLAH MATERI LITERASI 3  Moderator Sdri Jennifer Tantowi (XII.1) Notulis Sdri Geral Dinne Jovinta (XII.1) Doa / Dirigen Sdr Bryan Meyv

18/08/2021 07:08 - Oleh Administrator - Dilihat 313 kali
MATERI LITERASI 2 : Fenomena Makanan Berlabel BTS : Hal Positif atau Konsumerisme ?

Literasi Ricci : Membaca Dunia Lewat Sekolah   Pertemuan 2 : Debat Literasi   Moderator : Marcel Rottebayan Notulis  : Gery Pintoko Doa Dan Dirigen : Roslinawati Panelis

09/08/2021 16:59 - Oleh Administrator - Dilihat 580 kali
LITERASI GURU/PUISI/ BELUM DIBERI JUDUL

Belum Diberi Judul Sebuah Puisi Kemerdekaan dari : Gilby Fernando (Guru PPKN)   Banyak pertanyaan didalam pikiranku Membuat resah gelisah gundah hatiku Baiknya ku tuangkan dalam se

04/08/2021 09:48 - Oleh Administrator - Dilihat 1235 kali
MATERI LITERASI 1 : TOKOH

Literasi Ricci : Membaca Dunia Lewat SekolahPertemuan 1 Jenis : Sidang AkademikHari Tanggal : Kamis, 05 Agustus 2021Pemateri 1 : Andreas Purwo SantosoPemateri 2 : Danita TariganModerato

02/08/2021 19:26 - Oleh Administrator - Dilihat 566 kali