Merpatiku – Indonesiaku

Yayasan Ricci mengisi Perayaan kemerdekaan RI ke 74 dengan Upacara Bendera pada tanggal 17 Agustus 2019. Upacara bendera dimulai pada pukul 07.. WIB. Petugas Upacara bendera kali ini adalah seluruh anggota Paskibra SMP Katolik Ricci I dan iikuti oleh peserta didik SD kelas V-VI, SMP, SMA, Dewan Guru, Karyawan Ricci dan Pengurus Yayasan Ricci.

Upacara dipimpin oleh Bp. Robertus Suparjo, sebagai inspektur upacara. Dalam sambutannya beliau membacakan amanah dari Gubenur DKI yang isinya antara lain mengajak peserta upacara untuk bersama-sama membangun Sumber Manusia Indonesia agar Indonesia mampu bersaing di tengah persaingan dunia yang makin keras. Dalam sambutan tersebut juga diingatkan kepada seluruh peserta didik akan pentingnya membangun “Semangat Nasionalisme”. Sebab, dengan semangat nasionalisme akan terbentuk kesadaran dan kesetiaan terhadap nusa, bangsa dan Negara dengan tanpa membeda-bedakan ras, suku, dan agama.

Hal yang menarik dalam upacara tersebut adanya seklompok burung merpati yang turut menyaksikan upacara yang sedang berlangsung. Selama upacara berlangsung, mereka begitu tenang bertengger di atas gedung SD Katolik Ricci I. Tidak seperti biasa, mereka begitu tertib berjajar dipuncak gedung tersebut. Namun, begitu upacara selesai, selama Paduan Suara menyanyikan lagu-lagu nasional, mereka serempak terbang berputar-putar diatas peserta upacara. Sungguh, mereka menjadi pewarna tersendiri pada upacara Pringatan Kemerdekaan RI ke 74 di sekolah Ricci. Ketika seorang siswi SMA meyanyikan lagu Indonesia Jaya, mereka berhenti terbang tepat pada kalimat “Indonesia Jaya”.

Sejumlah guru menyatakan keheranannya atas peristiwa tersebut. Seorang guru SMA Katolik Ricci, berbisik: “Luar biasa. Itu tanda Indonesia Jaya”. Guru yang lain menimpali, “hebat ya… kok bisa. Pertanda apakah itu..?”

Semoga Indonesia sungguh menjadi Indonesia yang jaya di masa yang akan datang.
Terima kasih, Merpatiku, Indonesiaku.

Robertus S