“The Color of RICCI”

“The Color of RICCI” tema yang dipetik oleh Yayasan Sekolah Katolik RICCI 1 pada open house Sabtu, 31 Agustus 2019 kemarin. Warna-warni RICCI yang diartikan secara harfiah adalah kesatuan dalam Sekolah RICCI 1. Sekolah RICCI 1 yang berisi orang-orang yang berbeda suku, pribadi, status, dan agama. Dimulai dari guru, murid, serta karyawan lainnya. Perbedaan yang diumpamakan sebagai warna, yang jika disatukan dan digunakan sesuai manfaatnya akan membentuk suatu hal yang indah. Perbedaan yang jika ditutup dengan toleransi akan menghasilkan suatu tali persaudaraan yang sangat indah.

Di era saat ini yang merupakan era yang sangat kekurangan rasa toleransi, Sekolah RICCI 1 dengan berani mengambil tema yang sesuai dengan masalah yang sedang dihadapi di Indonesia saat ini. Kurangnya rasa toleransi dan rasa persatuan, padahal faktanya berada di satu naungan yang sama. Maka dari itu Sekolah RICCI 1 ingin membangun murid-muridnya agar menjadi generasi bangsa yang memiliki rasa toleransi dan nasionalisme yang tinggi.

Acara dimulai pukul 7.30, di lapangan SMP RICCI 1. Seluruh siswa, orang tua, juga calon murid dikumpulkan untuk menikmati pementasan yang sudah disiapkan oleh setiap unit. Mulai dari TK, SD, SMP, sampai SMA. Performa tersebut meliputi nyanyian, tarian, juga ada persembahan variasi paskibra yang menarik. Perfora pertama dibuka oleh Liora, murid SMA RICCI 1 yang memiliki suara bak emas.

Liora menyanyikan lagu Indonesia Jaya dengan tujuan semua penonton dan juga rakyat Indonesia dapat sadar dan menerti akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa. Setelah penampilan dari Liora, diikuti oleh penampil-penamil yang lain dan memiliki makna dalam.

Setelah itu, ada juga workshop yang diikuti oleh siswa kelas IX, X, XI, dan XII. Workshop yang dibawa oleh universitas-universitas ternama yang mempromosikan fakultas yang menjadi spesialisasi mereka. Ada ilmu public speaking dari London School of Public Relation, teknnik arsitek dari Podomoro University, membuat permen dari I3L, artistic make up dan fashion design dari Lasalle College, teknik memasak dari Sekolah Tinggi Trisakkti, dan make up teater oleh Teater Katak. Selain workshop, ada juga perlombaan memasak yang diselenggarakan oleh SMA RICCI 1 yang akan dinilai oleh pembicara dari Sekolah Tinggi Trisakti.

Ada juga pengecekan darah oleh PMR RICCI 1. Pengecekan tensi gratis dan pengecekan darah yang berbayar. Hanya dikenakan biaya 50 ribu per orangnya, sudah mendapatkan hasil dari pengecekan gula, kolestrol, serta asam urat. Berlokasi di lantai 4 gedung SMA RICCI 1. Selain itu, ada juga sesi pemaparan SMA oleh SMA Katolik RICCI yng dihadiir oleh siswa kelas IX juga orang tua. Sesi pemaparan dilaksanakan di Hall Matteo RICCI, lantai 5.

Setelah workshop, acara di panggung utama kembali dijalankan. Performa dari unit Sekolah RICCI 1 yang sangat menarik menghiasi acara penutupan acara open house tahun 2019 ini. Meriah, berwarna, dan menarik. Itulah tiga kata yang dapat mendeskripsikan acraa open house di tahun ini. Dari segi tema sampai berjalannya acara, semua sudah dipikirkan secara matang. Persiapan dari jauh-jauh hari tidak menghianati hasil. Acara berjalan dengan lacar dan meriah.

Valencia Anatasya