• SMA KATOLIK RICCI I
  • Respect Integrity Caring Citizenship Initiative

SMA Katolik Ricci 1 Jakarta Adakan Webinar Bertajuk #ANTISALAHJURUSAN

Pada era transformasi, kehidupan manusia berlangsung dinamis dan mengalami perubahan. Perubahan terjadi begitu cepat memaksa setiap manusia untuk ikut bergerak cepat dalam menghadapi perubahan itu. Dampak dari perubahan yang terjadi itu banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari, sesuatu yang dulu merupakan hal yang penting dan biasa kita gunakan kini mungkin saja tidak lagi terpakai, sebut saja, telepon umum, telepon genggam berlayar kuning, SMS yang kini semakin ditinggalkan dan bahkan tidak lagi digunakan. 

Perubahan yang berlangsung cepat itu, tidak hanya terjadi dalam kehidupan sosial. Dalam dunia pendidikan, perubahan terjadi bukan hanya dalam sistem pendidikan atau proses pendidikan itu sendiri, pendidikan hari ini pun dipaksa untuk berubah dalam segi perencanaan pendidikan. Jika pada era awal 2000-an anak-anak SMA banyak yang menginginkan jurusan-jurusan profesi seperti Kedokteran, Akuntansi, dan yang lainnya, sekarang berubah. pada saat ini. Saat ini, kecenderungan berubah menjadi jurusan-jurusan yang banyak berkecimpung di dunia internet dan digital. 

Untuk menjawab perubahan ini, SMA Katolik Ricci mengadakan seminar secara daring tentang #AntiSalahjurusan. Seminar ini bertujuan untuk membekali anak-anak Ricci dalam memilih jurusan dengan berbagai pertimbangan. Langkah ini merupakan komitmen Sekolah Ricci untuk terus mendukung tujuan karir dan perkuliahan yang dipilih oleh anak-anak Ricci setelah lulus dari SMA Katolik Ricci. 

Seminar bertajuk #ANTISALAHJURUSAN (Anti Salah Jurusan) ini dilaksanakan pada Senin, 19 Juli 2021. SMA Katolik Ricci mengundang ibu Monic Christian sebagai narasumber. Ibu Monic merupakan Founder dari lembaga Tes Bakat Indonesia dan Penulis buku #AntiSalahjurusan. Seminar ini bekerja sama dengan President University dan Tes Bakat Indonesia. Seluruh guru dan siswa SMA Katolik Ricci 1 hadir dalam kegiatan ini. Acara ini dibuka dengan lagu Indonesia Raya, Mars Ricci dan Doa Pembuka kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi.

Dalam seminar ini, ibu Monic menjelaskan banyak hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih jurusan yang tepat jika para peserta didik memutuskan untuk kuliah. Pertimbangan pertama adalah Potensi, Passion dan Personality. pemahaman tentang ketiga hal ini penting untuk mencegah peserta didik mengambil jurusan yang salah ketika memasuki perguruan tinggi.

“Salah Jurusan akan menjadikan belajar menjadi beban, setiap peserta didik harus mengenali potensinya sebelum memilih jurusan di perguruan tinggi negeri” jelasnya. 3P ( Potensi, Passion dan Personlity) adalah hal dasar yang menjadi pertimbangan dalam memilih jurusan. Dengan mengenal 3P pada peserta didik diharapkan siswa akan berkembang sesuai minat dan bakatnya. 

Seminar ini tentu mengundang ketertarikan dari para peserta seminar bukan hanya siswa tetapi juga para Guru. Seminar ini membuka kembali cakrawala berpikir tentang hal-hal penting sebelum memilih sebuah jurusan. 

“ ini merupakan seminar yang sangat menyenangkan dan saya sangat antusias dalam mendengarkan narasumber, dengan mengikuti seminar ini saya menjadi tahu apa yang perlu saya persiapkan sebelum memilih jurusan ketika kuliah nanti, kata Jessica Tivanka, Peserta seminar kelas XI IPA

Hal Senada juga disampaikan oleh Audey, Peserta diskusi dari kelas XI IPS “Perasaan saya setelah mengikuti seminar ini adalah senang, karena seminar ini cukup seru dan membantu murid mengetahui potensi diri. Sesudah mengikuti seminar ini, saya jadi ingin lebih mengembangkan potensi diri saya agar dapat berguna di masa depan, jelasnya. 

Dalam sesi terakhir kegiatan ini, diberikan kesempatan kepada President University memaparkan tentang belajar dan cara belajar di President University. Pemaparan ini menjadi salah satu hal berguna bagi anak-anak Ricci untuk menambahkan list tujuan perguruan tinggi yang berkualitas setelah mereka menamatkan sekolah di Ricci.  


Galeri Foto Kegiatan Seminar 

 









#ditulis dan dipublikasikan tim Publikasi dan Dokumentasi SMA Katolik Ricci 1 Jakarta. 

 




Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
SMA KATOLIK RICCI ADAKAN RETRET UNTUK SISWA KELAS XII/ GALERI FOTO

SMA Katolik Ricci 1 Jakarta melakukan Retret untuk siswa kelas XII melalui applikasi zoom pada tanggal 20 April 2021 untuk siswa kelas XII IPA dan tanggal 21 April 2021 untuk kelas XII

22/04/2021 14:16 - Oleh Administrator - Dilihat 201 kali
SMA RICCI 1 SUKSES ADAKAN EDUFAIR SECARA DARING

Program Edufair atau Pameran pendidikan adalah program rutin yang dilakukan oleh SMA Ricci 1 Jakarta setiap tahunnya. Program ini adalah kegiatan yang dilakukan oleh SMA Ricci 1 untuk m

14/11/2020 12:31 - Oleh Administrator - Dilihat 284 kali
BKSN SMA KATOLIK RICCI 1 JAKARTA DITENGAH PANDEMI

Setiap dari kita telah melalui hari-hari yang lebih sulit ditengah pandemi Covid-19. Pandemi yang sudah menjadikan segala aktivitas normal produktif selama setengah tahun terakhir nyari

09/09/2020 18:04 - Oleh Administrator - Dilihat 383 kali
PEMBELAJARAN LINTAS MATA PELAJARAN DI SMA KATOLIK RICCI 1 JAKARTA

  Selama masa pandemi Covid-19, segala sektor dipaksa untuk melakukan perubahan, termasuk dalam dunia pendidikan. Perubahan dari pembelajaran secara tatap muka menuju Pembelajaran

28/08/2020 10:03 - Oleh Administrator - Dilihat 384 kali