• SMA KATOLIK RICCI I
  • Respect Integrity Caring Citizenship Initiative

MATERI LITERASI 5 : BUKU/KOMIK/MAJALAH

MATERI LITERASI RICCI 5 : BUKU/KOMIK/MAJALAH

 

LITERASI RICCI ; MEMBACA DUNIA LEWAT SEKOLAH

MATERI LITERASI 5

Moderator Sdr Phillips Steven Mursalim (XII.2)
Notulis Sdri Cecillia Cherish M. (XII.2)
Doa / Dirigen Sdr Justin Griffin (XII.2)
Pembicara I Sdr Christian Jonathan (XII.2)
Pembicara II Sdri Sachiko Kirey (XII.2)
Pembicara III Sdr Christian Jones P (XII.2)
Penanggap I Sdr Felix Agustian E. (XII.2)
Penanggap II Sdr Nicholas Ryu (XII.2)
Penanggap III Sdri Stephany Claudia (XII.2)

 

The Best Of Pokemon Adventures: Yellow

Christian Jonathan XII.2/4

 

 Pokemon, suatu nama yang familiar bagi sebagian orang. Sebagian dari kita pasti sudah pernah mendengar nama tersebut. Karya fiktif ini merupakan rekaan The Pokemon Company, sebuah perusahaan yang dipimpin oleh Tsunekazu Ishihara. Perusahaan ini berpusat di Jepang dan didirikan pada tahun 1996. The Pokemon Company saat ini memiliki beberapa cabang di dunia dan merupakan salah satu waralaba atau franchise terkenal, tidak hanya bagi anak-anak, tetapi juga kaum remaja dan orang dewasa. The Pokemon Co. didirikan melalui investasi bersama : Nintendo, Game Freak, dan Creatures. Tiga perusahaan tersebut menjadi pemegang saham atas hak cipta Pokémon. Mereka bertanggung jawab atas pemasaran dan lisensi waralaba Pokémon, yang berupa : permainan kartu, komik, film, animasi, mainan, dan game berbasis pokemon.

 Sebagian dari kita pasti bertanya : Apa sih pokemon itu? Pokemon adalah makhluk hidup khayalan dengan segala bentuk dan ukuran. Mereka hidup bebas di alam liar atau tinggal bersama manusia. Sebagian besar pokemon tidak bisa berbicara, melainkan hanya bisa menyebutkan nama mereka atau mengendus. Terdapat  18 tipe Pokemon, seperti tipe : normal, air, api, daun, racun, gelap, dan lain-lain. Pokemon yang hidup di alam liar dapat ditangkap oleh manusia, untuk dipelihara dan dilatih sehingga dapat diajak bermain bersama atau melawan musuh. Manusia dapat menangkap pokemon dengan menggunakan sebuah bola yang bernama pokeball. Bola ini memiliki persentase keberhasilan dalam menangkap makhluk yang ada di alam liar. Ada berbagai macam jenis pokeball, salah satunya bola merah putih dengan tombol yang sering kita lihat dalam iklan di internet atau salah satu media pokemon. Setelah ditangkap, pokemon – pokemon ini akan dibesarkan dan dilatih oleh para ‘Trainer’. Semakin lama dilatih oleh para pemiliknya, pokemon dapat menjadi semakin kuat.

 Dunia Pokemon mirip dengan Bumi, hanya saja memiliki teknologi yang lebih maju. Akan tetapi dunia tersebut memiliki ekosistem yang sangat berbeda dengan bumi, terutama di bidang fauna, sedangkan di bidang flora tidak terjadi banyak perubahan. Hewan – hewan yang hidup dalam dunia tersebut disebut pokemon. Secara fisik, beberapa pokemon memiliki wujud yang sama dengan binatang di dunia kita. Dalam dunia pokemon, seseorang yang telah genap berumur 10 tahun diperbolehkan memiliki pokemon dan berpartisipasi dalam turnamen pertarungan pokemon. Tetapi ada syarat yang harus mereka penuhi, yakni mereka diharuskan memiliki 8 Gym Badge. Mereka akan mendapatkan benda tersebut setelah mereka berhasil mengalahkan Gym Leader .

 Serial Pokemon Adventures ditulis oleh Hidenori Kusaka pada tahun 1997, dan bertahan sampai sekarang. Hidenori Kusaka berasal Tokyo dan dilahirkan pada tanggal 18 Mei 1970. Ia mempergunakan popularitas yang ia miliki di media, untuk memperkenalkan franchise pokemon. Pada tahun 2009, serial ini, yang ia tulis bersama Mato mendapatkan penghargaan seri manga favorit dari ajang penghargaan komik Nickelodeon.

 The Best Of Pokemon Adventures: Yellow, salah satu seri komik Pokemon, merupakan sequel dari The        Best Of Pokemon Adventures : Red yang memiliki 10 volume. Kedua buku ini ditulis oleh  Hidenori Kusaka dan diilustrasikan oleh Mato. The Best Of Pokemon Adventures: Yellow  pertama kali dipublikasikan pada tahun 1997, dan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris pada tanggal 5 Desember 2006.

 Awal cerita dimulai dengan adanya bencana yang mengakibatkan Red, seorang pemuda Pokemon Trainer Championship menghilang, setelah ia mendapatkan sebuah surat tantangan dari seseorang bernama Bruno. Pika si pikachu, seekor pokemon teman Red  kembali ke laboratorium Dr Oak dalam kondisi yang kritis. Tetapi sebelum Pika sempat disembuhkan, munculah seorang pemuda bernama Amarillo del Bosque Verde alias Yellow. Yellow inilah Trainer yang bermisi membantu Pika untuk mencari Red yang hilang. Tetapi karena sifatnya yang lembut dan naif, Prof. Oak tidak mempercayai Yellow dan memutuskan untuk menguji Yellow. Sebenarnya Yellow tidak ingin melukai pokemon Prof. Oak, sehingga dalam menjawab ujian Prof Oak, ia menggunakan kaunter dan cara-cara lain untuk mengakhiri pertandingan tanpa melukai kedua  pokemon. Setelah melihat hal tersebut, Prof. Oak menjadi sadar bahwa Yellow tulus dalam perkataannya dan ia membiarkan Yellow pergi untuk menyelamatkan Red dengan sebuah Pokedex, ensiklopedia pokemon.

Perjalanan Yellow dalam mencari Red tidak pernah berjalan lancar, banyak masalah yang datang, salah satunya ketika ia bertemu Lorelei, salah seorang teman Bruno. Lorelei merupakan salah satu anggota The  Elite four, perkumpulan 4 orang trainer terkuat. Yellow dengan sedikit keburuntungan, menggunakan segala rencana dan kecerdikannya untuk kabur dari Lorelei. Lorelei tidak menyadari bahwa Yellow seorang pemuda yang berasal dari Veridian Forest. Pemuda – pemuda yang berasal dari tempat tersebut, biasanya memiliki bakat alam, untuk menyembuhkan, membaca pikiran dan berbicara kepada pokemon yang disentuhnya.

 Setelah lama mencari, membantu dan bertemu teman di perjalanan, Yellow akhirnya menemukan dalang dari kejadian ini, yakni Lance, pemimpin dari The Elite Four. Lance, selayaknya Yellow, berasal dari Veridian Forest, tetapi ia memiliki cara pandang yang berbeda dengan Yellow. Yellow menggunakan kemampuannya dengan harapan agar manusia dan pokemon dapat hidup bersama dengan damai, sedangkan Lance menggunakan kemampuannya untuk menghancurkan kehidupan manusia dan membiarkan pokemon untuk hidup secara bebas seperti zaman dahulu. Dengan tidak mengejutkan, Yellow kalah dari segala aspek dari Lance, untung bagi Yellow, Giovanni, seorang Gym Leader dari Viridian Forest, yang entah datang dari mana, muncul ditengah perkelahian, membantu Yellow melawan Lance. Ternyata mengalahkan Yellow hanyalah sebuah umpan bagi rencana Lance yang sebenarnya. Ia ingin mendapatkan Gym Badge terakhir untuk menghidupkan Ho-oh, seekor burung legendaris, yang dapat menghancurkan bumi dengan mudahnya. Lance mencoba untuk mendekati burung itu dan menangkapnya. Tetapi Yellow sebagai harapan terakhir umat manusia berhasil menggagalkan rencana tersebut dan berhasil mengubah kekuatan untuk menghancurkan menjadi tenaga kehidupan. Dengan demikian Yellow menang. Yellow dan Pika kemudian berpisah, sehingga Pika kembali bersama Red.

 

Komik WHY ? series Aliens dan UFO

Oleh : Sachiko Kirey

( Pelajar SMA RICCI 1)

Pengantar

Apakah anda pernah mendengar atau mungkin merasa familiar dengan komik WHY? series ini? Mungkin sebagian orang sudah mengenal komik ini. Komik WHY? series merupakan sebuah komik sains yang berasal dari Korea dengan penyajian gambar berupa karakter kartun berwarna yang lucu dengan menggunakan alur cerita yang sangat menarik bagi anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa. Penulis setiap series dari komik ini berbeda-beda, ada 3 penulis utama yaitu Jo Yeong Seon, Jon Jae Un, dan Yea Rim Dang.

Komik ini diterbitkan oleh PT Elex Media Komputindo (Kelompok Gramedia). Komik WHY? yang beredar di Indonesia sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Saya pertama kali mengetahui buku ini ketika saya masih duduk di sekolah dasar. Komik ini menemani masa sekolah saya sejak saya duduk di sekolah dasar hingga sekarang. Saya menjadi lebih merasa penasaran dengan apa yang ada di dunia luar setelah membaca buku ini.

 Tokoh dalam Komik

Karakter utama pada komik ini adalah seorang anak laki-laki bernama Komji dan seorang anak perempuan bernama Omji serta paman mereka. Di setiap series biasanya akan ada penambahan karakter yang berbeda-beda, agar sesuai dengan tema dari series tersebut. Buku ini menceritakan mengenai cerita yang berbeda-beda pada setiap seriesnya sesuai dengan judul series pada bukunya. Saya sudah pernah membaca beberapa buku WHY? series ini, namun ada satu buku WHY? series yang sangat menarik perhatian saya, yaitu “WHY? Aliens dan UFO.”

Karakter dalam WHY? Aliens dan UFO yaitu sudah pasti Komji dan Omji namun ada penambahan karakter yaitu Profesor Cheon. Profesor Cheon merupakan ayah Omji yang ahli dalam bidang astronomi. Salah satu karya Profesor Cheon yaitu robot penolong yang diberi nama Yoopi. Karakter yang lain adalah Pangeran Tori yaitu pangeran dari Negri Pulau Langit, Laputa.

 

 

 

  1. Sinopsis Cerita

Cerita bermulai ketika Profesor Cheon yang mendapat panggilan dari Lembaga Penelitian UFO Internasional untuk meneliti dan menyelidiki sesuatu yang terlihat seperti UFO yang muncul pada bencana tsunami. Menanggapi panggilan itu, Profesor Cheon lalu pergi bersama Komji, Omji, serta yoopi si robot pembantu. Di dalam perjalanan menyelidiki UFO ini, Profesor Cheon menjelaskan mengenai benda langit yang pertama kali terlihat di Mesir Kuno pada abad sekitar ke-15 SM. Benda itu dipercayai sebagai UFO, karena memiliki ciri-ciri dan bentuk yang sangat mirip dengan UFO, namun sampai sekarang belum bisa diketahui kebenarannya. Selanjutnya dijelaskan mengenai benda langit yang terlihat di India. Benda langit itu disebut sebagai “vimana” yang dipercayai oleh warga India sebagai kendaraan yang dinaiki oleh Para Dewa pada saat berperang.

Tidak hanya ditemukan di dunia nyata saja, tetapi ditemukan pula catatan misterius mengenai benda langit di dalam kitab suci. Contohnya termuan itu terdapat dalam Kisah Para Rasul 10:11 yang berbunyi “ Tampak olehnya langit terbuka dan turunlah suatu benda berbentuk kain lebar yang bergantung pada keempat sudutnya, yang diturunkan ke tanah” serta dalam Bilangan 12:5 yang berbunyi “ Lalu turunlah Tuhan dalam tiang awan...”.

Setelah itu ditunjukkan pula bukti-bukti aneh beserta foto yang dapat memperkuat dugaan bahwa adanya benda langit. Beberapa contohnya yaitu sebuah lukisan yang terlihat seperti astronot di temukan di gua purba di Australia. Ditemukan benda berbentuk pesawat yang terbuat dari emas pada tahun 500 - 800 SM di Colombia, sebuah lukisan batu aman prasejarah yang berbentuk seperti astronot, diperkirakan pada tahun 10.000 SM di daerah Val Camonica, Italia.

Pada saat Profesor Cheon berserta Komji,cOmji,cdan Yoopi sampai di suatu pulau, mereka menemukan seorang anak lelaki yang pingsan dalam keadaan terluka. Mereka pun memutuskan untuk menolong anak lelaki itu. Anak lelaki tersebut bernama Tori. Tori merupakan seorang pangeran dari Negri Pulau Langit, Laputa yang mengalami kecelakaan dan tersesat ke bumi. Pangeran Tori pun sangat berterima kasih karena mereka sudah menolongnya, maka dari itu Pangeran Tori membantu mereka untuk memberikan informasi mengenai luar angkasa. Setelah itu yoopi si robot pembantu menjelaskan sebuah misteri mengenai crop circle atau disebut juga lingakaran tanaman.

 Analisis

Crop circle merupakan suatu pola teratur yang terbentuk secara misterius di area ladang tanaman. Fenomena ini pertama kali ditemukan di Inggris pada akhir 1970 dengan bentuk pola-pola lingkaran sederhana. Pada masa-masa setelahnya, pola-pola tersebut kini cenderung bertambah rumit dan tidak terbatas hanya pada bentuk lingkaran. Mengacu pada asal-usulnya istilah lingkaran tanaman ini masih tetap dipertahankan. Crop circle juga sering dikait-kaitkan dengan UFO serta dipercayai sebagai pesan yang dikirimkan oleh alien dari luar angkasa. Beberapa contoh peristiwa crop circle ini adalah pada tahun 2004 dan 2005, ditemukan crop circle di Wiltshire, Inggris. Lalu ditemukan sebuah crop circle pada tahun 2001 di daerah Chilbolton, bentuknya sama seperti pesan yang dikirim ke luar angkasa dari observatorium Arecibo pada tahun 1974. Namun sampai saat ini belum diketahui kebenaran pasti dari peristiwa misterius ini.

UFO dipercayai memiliki berbagai bentuk yaitu piring, cerutu, kubah, planet saturnus, elips, tebungkus awan, seperti bola dan setengah bola, seperti topi, segitiga, seperti pot, mahkota, persegi empat, silinder, serta berbentuk seperti donut. Bukti-bukti mengenai keberadaan UFO pun semakin banyak melalui berbagai foto yang dipercayai terdapat sebuah UFO di dalamnya. Foto-foto tersebut berasal dari berbagai negara. Contoh temuan yaitu pada bulan 4 September tahun 1995, bulan November tahun 1995, bulan Agustus tahun 1997 di Korea, Oktober tahun 1996 di Hongaria, pada bulan Agustus tahun 1997 di Mexico, pada bulan Desember tahun 2003 di Chicago, pada bulan juni tahun 2003 di Oregon, Amerika , pada bulan Januari tahun 2004 di Australia, pada bulan Juli tahun 2004 di Inggris dan masih banyak lagi. Pada tanggal 25 Februari tahun 1942, terjadi peristiwa penembakan benda terbang di langit Kota Los Angeles, bagian barat Amerika, namun tim angkatan bersenjata membantah serangan tersebut.

Selain bukti-bukti yang menunjukkan adanya keberadaan UFO, terdapat juga beberapa bukti yang menunjukkan adanya keberadaan alien. Bukti-bukti tersebut berupa beberapa foto contohnya adalah foto mayat alien Roswell yang di publikasikan oleh seorang bernama Ray Santilli pada tahun 1995. Foto alien yang diambil oleh seseorang bernama Phillyberto Caponir di Italia, dan adanya patung alien yang dipamerkan di museum UFO Roswell.

Penutup

Menurut saya pribadi buku WHY? Series Aliens dan UFO ini sangatlah menarik, karena diceritakan dengan alur yang runtun. Karakter dari tokoh-tokoh yang terdapat dalam komik ini juga sangat menarik dan lucu. Isi dari buku ini pun terbilang sedikit berbeda dengan komik-komik pada umumnya, karena biasanya di dalam komik pada umumnya hanya terdapat gambar dan percakapan daripada tokoh yang ada di dalam komik. Di dalam komik ini terdapat penjelasan dan foto-foto nyata dari materi yang dibahas. Setelah itu ada satu hal lagi yang membuat komik ini berbeda menurut saya.Komik ini berbeda dalam menyampaikan nilai-nilai serta pengetahuannya. Komik WHY? Series ini menampilkan nilai-nilai norma di dalam kehidupan sehari-hari juga terdapat pengetahuan yang lebih mendalam. Di buku WHY? Series Aliens dan UFO ini terdapat berbagai bukti berupa foto dan penjelasan yang lengkap untuk menambahkan ilmu pengetahuan kepada pembaca.

 

Daftar pustaka :

 

https://www.apta-academy.org/2014/12/science-comic-why/

https://www.kompas.com/edu/read/2020/03/22/181918571/why-series-komik-pendidikan-dengan-penjualan-lebih-dari-2-juta-eksemplar?page=all

https://id.wikipedia.org/wiki/Lingkaran_tanaman

 

Komik Sains Kuark

Christian Jones

 

 

  1. Pengantar

Anak-anak sejak usia dini sangat perlu dilatih sistematika berpikir, kemampuan logika dasar dan kemampuan berpikir kritis, sehingga ketika beranjak dewasa, setiap tindakan dan pengambilan keputusan didasari oleh pemikiran dan fakta. Kemampuan-kemampuan dasar ini dapat diasah melalui pelajaran sains. Saat ini pelajaran sains sering dianggap oleh banyak anak, bahkan orang tua dan guru sebagai pelajaran yang sulit dan membosankan. Pemahaman yang salah tentang sains dan kualitas pembelajaran sains yang rendah akan mengakibatkan problem jangka panjang bagi Bangsa Indonesia, yaitu ketidakmampuan menguasai teknologi. Hal tersebut akan mengakibatkan ketidakmampuan bersaing secara global. Salah satu sarana pembelajaran sains yang menyenangkan dan tidak sulit  dipahami adalah kuark.

Siapa sih yang tidak mengetahui kuark, buku komik sains dengan cerita yang menarik serta tidak membosankan. Buku ini disukai oleh jutaan orang baik murid, guru, maupun orangtua, bahkan sampai terdapat olimpiade. Meskipun berbentuk komik, kuark berisi bermacam-macam ilmu pengetahuan, eksperimen-eksperimen, dan soal-soal yang mampu mengasah intelektual anak-anak yang membaca. Komik sains yang dikeluarkan oleh PT Kuark Internasional ini menjadi salah satu bacaan yang diminati anak-anak zaman sekarang.

 Apa PT Kuark Internasional itu? PT Kuark Internasional, merupakan perusahaan swasta nasional, yang bergerak di bidang program-program edukasi, diantaranya Komik Sains Kuark, Olimpiade Sains Kuark, Kelas Lentera. Pt Kuark Internasional mengemban misi menumbuhkan kecintaan anakā€anak Indonesia terhadap sains serta turut berperan aktif dalam dunia pendidikan di Indonesia.

 Sejak berdiri di tahun 2003, PT Kuark Internasional mempunyai visi untuk menjadi inovator terdepan penyedia sarana pendidikan yang diakui kemampuannya dalam menjadikan pendidikan menyatu dengan kehidupan. Visi tersebut dicapai dengan misi sebagai berikut:

  1. Menciptakan media pendidikan yang menjadikan:
    Proses pembelajaran dapat menggugah peserta didik untuk memunculkan semua potensi terbaiknya. Hasil pembelajaran lebih berguna dan bermakna.
  2. Menjadi mitra pilihan bagi lembaga dan kelompok masyarakat yang bercita-cita memajukan pendidikan.

 Komik Sains Kuark

 Komik Sains Kuark menyajikan informasi sains dengan visualisasi yang apik, cerita yang menarik, dan bahasa yang mudah dimengerti. Tersedia juga eksperimen sains seru untuk mengasah kemampuan anak-anak untuk berpikir kritis melalui pengamatan, percobaan, dan analisis.

Komik Sains Kuark diterbitkan dengan tujuan:

  1. Memberikan media pembelajaran sains yang berkualitas.
  2. Membangun kecintaan sains sejak dini melalui penyajian yang menarik dan menyenangkan.
  3. Membentuk pola pikir kritis, sistematis, dan analitis melalui rubrik-rubrik sains.

Terbit berkala setiap bulan, Komik Sains Kuark tampil dalam tiga level, yaitu Level I (kelas 1--2), Level II (kelas 3--4), dan Level III (kelas 5--6). Di setiap edisi, rubrik-rubrik sains seperti zoologi, fisika, botani, astronomi, dan tubuh manusia dikupas secara mendalam mengacu pada kurikulum sains yang berlaku di dunia Internasional.

 

Setiap Komik Sains Kuark terdapat Isu Konstekstual yaitu dengan cerita-cerita kehidupan sehari hari, pendekatakan inkuri yang menggugah rasa ingin tahu dan menumbuhkan karakter pembelajar pada diri pembaca. Terdapat juga STEM (Science, Technology, Engineering and Math) yang menyiapkan keterampilan abad 21 melalui percobaan-percobaan, serta terdapat soal soal HOTS (High Order Thinking Skill) yang digunakan untuk menguji kecakapan nalar tingkat tinggi dan literasi anak.

 Tokoh-tokoh

Maskot pada Komik Sains Kuark:

  • Kuark

Kuark adalah seekor kunang-kunang yang namanya diambil dari kata quark yang artinya sebuah bagian terkecil yang membangun seluruh jagat raya maka dengan nama itu kuark ingin ikut membangun pengetahuan sains pada anak-anak di Indonesia

 

Karakter-karakter pada komik sains kuark:

Di dunia nyata:

  1. Sako

Sako adalah seorang pemulung yang memiliki kegemaran bereksperimen

  1. Fidel

Fidel adalah anak yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

  1. Aluna

Aluna adalah seseorang yang pemalu tetapi suka sekali bertanya

  1. Miranda

Miranda adalah seseorang yang senang melakukan sesuatu yang menguntungkan

  1. Blafi

Blafi adalah seseorang yang judes dan pelupa

  1. Popin

Popin adalah sebuah Pohon Pintar yang merupakan pintu gerbang antara Dunia Nyata dengan Fantasy Land. Hanya anak-anak yang punya rasa ingin tahu yang besar yang bisa melihatnya.

 

Di  smartyland:

  1. Fisio

Fisio adalah seseorang di smartylang yang menyukai fisika serta senang mengutak-atik benda elektronik untuk bereksperimen

  1. Faunie

Faunie adalah seseorang yang menyukai hewan tetapi tidak suka memeliharanya karena menurutnya hewan berhak hidup bebas dilingkungan asli mereka

  1. Florie

Florie adalah salah satu penduduk pada smartyland yang sangat menyukai tanaman

  1. Wondie

Wondie adalah penduduk smartyland yang sangat pintar yang suka meluruskan pertanyaan atau pernyataan yang keliru dari orang lain

  1. Firon

Firon adalah seseorang yang sangat mencintai lingkungan. Ia paling khawatir akan keselamatan bumi oleh sebab itu selalu mengajak teman-temannya untuk selalu menjaga lingkungan agar tetap sehat

  1. Doktra

Doktra adalah penduduk smartyland yang ingin menjadi dokter. Ia sangat berminat untuk mempelajari apa saja mengenai tubuh manusia

  1. Astrolea

Astrolea adalah penduduk smartyland yang sangat menyukai alam semesta. Kata khasnya adalah “demi bintang…” bila ia mendengar pertanyaan yang keliru

 

Di Stupiland

  1. Don-kee

Don-kee adalah penduduk di stupiland berbentuk keledai yang serba tahu dimana kedua keponakannya selalu bertanya kepadanya bila ingin tahu sesuatu

  1. Stoopi dan Stipoo

Keponakan Don-kee yang sering sering membuat pamannya kesal dengan keisengan mereka tetapi mereka tetap menyayangi pamannya

  1. Monyu

Monyu adalah tetangga sekaligus teman baik Don-kee yang suka memasak

  1. Dirtie

Dirtie adalah anak yang jorok dan pemalas yang dimana saking joroknya, lalatpun mau mengikutinya

  1. Grummel

Grummel adalah seseorang yang sering menggerutu dan mngeluh

  1. Borat

Borat adalah sahabat grummel yang sangat suka makan dan main mobil-mobilan tetapi sangat tidak suka belajar

 

Di Kuark Fantasy Schooling:

  1. Lilian

Lilian adalah anak yang berasal dari Tiongkok. Ia dikatakan cerewet oleh temannya karena sering sekali bertanya

  1. Shali

Shali adalah anak dari Afrika yang selalu terlihat gembira dan energik serta sangat menyukai botani dan zoologi

  1. Iona

Iona adalah anak yang berasal dari Jepang. Iona sangat peduli dengan kelestarian lingkungan

  1. Mahez

Mahez merupakan anak yang berasal dari India yang tertarik  dengan hal-hal berhubungan dengan komputer

  1. Gagas

Gagas adalah anak dari Indonesia yang memiliki segudang ide sehingga teman-temannya sering meminta saran kepadanya

 Kesimpulan

Menurut saya, buku Komik Sains Kuark ini sangat berguna dan membantu anak-anak untuk mengenal sains dengan lebih asik. Anak-anak lebih mudah memahami sains melalui komik ini. Lalu dengan adanya soal-soal latihan HOTS membuat anak-anak lebih memahami mengenai sains yang mereka baca. Seperti kata William Buttler “pendidikan bukanlah mengisi sebuah ember, melainkan menyalakan sebuah lilin” maka dari itu mari kita jadilah lilin-lilin itu dengan ambil bagian mencerdaskan daerah kita! Bersama Kuark, mari kita nyalakan terang untuk pendidikan Indonesia.

Daftar pustaka:

https://www.komikuark.net/v2/ksk.html 








#dipublikasikan tim dokumentasi dan publikasi SMA Katolik Ricci 1 Jakarta

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Belajar Khotbah dan Bercerita tentang Benda/Hewan Kesukaan dalam Ekstrakurikuler Literasi

Sidang AkademiMateri Kelas X dan XI : Menceritakan Benda/Hewan Kesukaan Materi kelas XII          : Khotbah   Petugas Kelas X Moderator Sdri. Jomettaver

24/11/2021 15:35 - Oleh Administrator - Dilihat 192 kali
Investasi atau Pemborosan Ketika Membeli barang Limited Edition ? Mari kita Diskusikan

EKSTRAKURIKULER LITERASI : MEMBACA DUNIA LEWAT SEKOLAH   Tema :  Membeli Barang Edisi Terbatas : Suatu Investasi atau Pemborosan?   Petugas Kelas X Moderator Sdra.&nbs

17/11/2021 14:12 - Oleh Administrator - Dilihat 229 kali
BELAJAR PROMOSI DAN BEDAH BUKU DALAM EKSTRAKURIKULER LITERASI RICCI

BELAJAR PROMOSI DAN BEDAH BUKU DALAM EKTRAKURIKULER LITERASI RICCI Sidang Akademi   Materi :  Kelas X : Promosi Barang/Jasa Kelas XI : Promosi Barang Dan Jasa Kelas XII : Beda

10/11/2021 16:58 - Oleh Administrator - Dilihat 231 kali
BERDEBAT TENTANG TELEVISI : MASIKAH TEMAN KELUARGA INI BERTAHAN DI ZAMAN POST-MILENIAL ?

EKSTRAKURIKULER LITERASI MEMBACA DUNIA LEWAT SEKOLAH     PETUGAS KELAS X Moderator  Sdri. Shareen Alika (X.3) Notulis Sdri. Martha Marcella (X.3) Doa / Dirigen Sdr

03/11/2021 17:36 - Oleh Administrator - Dilihat 321 kali
BERBAGI INSPIRASI TOKOH IDOLA DAN PROMOSI DALAM SIDANG AKADEMI

EKSTRAKURIKULER LITERASI RICCI BERBAGI INSPIRASI TOKOH IDOLA DALAM SIDANG AKADEMIK   Petugas kelas X (Tema : Tokoh Idola) Moderator Sdri. Audrey Firshe ( X.3) Notulis Sdri . S

27/10/2021 12:59 - Oleh Administrator - Dilihat 240 kali
Adu Argumentasi Dalam Debat, Penggunaan Pakaian Bekas (Trifting) : Suatu Gaya Hidup Hemat, Benarkah ?

Penggunaan Pakaian Bekas (Trifting) : Suatu Gaya Hidup Hemat, Benarkah ? Debat LiterasiPetugas Kelas X Moderator Sdra. Khemawira Tjahya ( X.1) Notulis Sdra. Jonathan Valentino (X.1

20/10/2021 10:26 - Oleh Administrator - Dilihat 319 kali
BERCERITA KEGEMARAN DAN TOKOH IDOLA DALAM LITERASI

MATERI LITERASI 10 : HOBBY/KEGEMARAN (X,XI) DAN TOKOH IDOLA (XII)   SIDANG AKADEMI   Petugas : Kelas X  Materi : Hoby atau Kegemaran Moderator  Sdri. Chitra

13/10/2021 11:40 - Oleh Administrator - Dilihat 343 kali
BERCERITA TOKOH IDOLA DALAM SIDANG AKADEMI

MATERI LITERASI 9 : TOKOH IDOLA SIDANG AKADEMI   PETUGAS Moderator Sdr Theo Xavier A. W. (XI.1) Notulis Sdri. Celine Woen (XI.1) Doa / Dirigen Sdr. Thomas Alfiantino (XI.1)

29/09/2021 12:34 - Oleh Administrator - Dilihat 303 kali
Materi Literasi 8 : E-COMMERCE : E - Commerce suatu solusi dalam sistem perdagangan ataukah menghasilkan sistem pasar yang monopolistik.

LITERASI RICCI : MEMBACA DUNIA LEWAT SEKOLAH     PETUGAS :    Moderator Sdri Gracella Kurniawan (XII.3) Notulis Sdr. Elvina Budisartono (XII.3) Doa / Dirigen

21/09/2021 11:39 - Oleh Administrator - Dilihat 307 kali
MATERI LITERASI 7 : FILM DOKUMENTER

MATERI LITERASI 7 : Film Dokumenter  LITERASI RICCI ; MEMBACA DUNIA LEWAT SEKOLAH MATERI LITERASI 7   PETUGAS :  Moderator Sdri Elvira Budisartono (XII.3) Notulis Sd

14/09/2021 08:38 - Oleh Administrator - Dilihat 220 kali